×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
4 Seleb ini dilaporkan kasus ujaran kebencian

View Image

0

BRILIO » Selebritis

4 Seleb ini dilaporkan kasus ujaran kebencian

Nggak cuma Ahmad Dhani ternyata.

30 / 01 / 2019 19:01

Brilio.net - Belakangan ini, kasus yang menjerat nama musisi sekaligus politisi Ahmad Dhani tengah ramai jadi perbincangan publik. Dhani terbukti bersalah dan dijatuhi vonis hukuman 1 tahun 6 bulan atas kasus ujaran kebencian di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Senin (28/1).

Mantan suami Maia Estianty itu dinyatakan telah melanggar Pasal 45 ayat (2) juncto Pasal 28 ayat (2) tentang UU Nomor 19/2016 tentang perubahan UU Nomor 11/2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.

Sebenarnya, selebriti yang terjerat kasus ujaran kebencian bukanlah hal yang baru di Indonesia. Jauh sebelum Ahmad Dhani, sejumlah nama selebriti Tanah Air lainnya juga pernah dilaporkan karena kasus serupa.

Kira-kira siapa saja? Berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber, seleb-seleb yang pernah dilaporkan atas kasus ujaran kebencian, Rabu (30/1).

1. Grace Natalie.

Loading...

seleb ujaran kebencian © 2019 brilio.net-foto: liputan6.com

Pada November 2018 lalu, Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Grace Natalie dilaporkan ke Bareskrim Polri atas tuduhan ujaran kebencian. Seperti diketahui pembawa acara berita itu dilaporkan Persaudaraan Pekerja Muslim Indonesia (PPMI) terkait dengan pernyataan PSI menolak Perda Syariah.

Dalam pernyataannya, Grace menyatakan PSI tidak akan pernah mendukung peraturan daerah (Perda) yang berlandaskan agama, seperti Perda Syariah dan Perda Injil. Akibatnya, Grace disebut telah melakukan dugaan ujaran kebencian.

2. Ratna Sarumpaet.

seleb ujaran kebencian © 2019 brilio.net-foto: merdeka.com

Drama penganiayaan Ratna Sarumpaet beberapa waktu lalu masih ramai jadi perbincangan publik. Kala itu Ratna telah membuat pengakuan bahwa dirinya dianiayaya sejumlah orang di Bandung. Sayangnya, pada kenyataannya ia tidak terbukti dianiayaya melainkan melakukan operasi plastik.

Sutrada film Jamila dan Sang Presiden ini dilaporkan terkait berita hoax. Selain Ratna, sejumlah nama politisi juga dilaporkan atas dugaan penyebaran hoax, seperti Prabowo Subianto, Rachel Maryam, Fadli Zon, Hanum Rais, dan banyak lagi.

3. Neno Warisman.

seleb ujaran kebencian © 2019 brilio.net-foto: merdeka.com

Pertengahan 2018 silam, Neno Warisman dilaporkan Kelompok Emak Militan Jokowi (EMJI) ke Bareskrim Polri. Penyanyi 54 tahun tersebut dilaporkan atas dugaan tindak pidana ujaran kebencian. Dilansir dari merdeka.com, Ketua EMJI Jati Erna Sahara, pelaporan itu dibuat karena Neno dinilai telah menghasut masyarakat agar tidak memilih Jokowi di Pilpres 2019 mendatang.

"Mereka selama ini menyebarkan #2019GantiPresiden. Mereka melanggar demokrasi Indonesia," ujarnya.

4. Ananda Sukarlan.

seleb ujaran kebencian © 2019 brilio.net-foto: liputan6.com

Pianis ternama Ananda Sukarlan dilaporkan oleh Wakil Ketua DPR Fadli Zon atas dugaan penyebaran hoax di media sosial. Dikutip dari liputan6.com, Fadli Zon mengaku keberatan atas unggahan foto di akun Twitter Ananda yang mengaitkannya dengan jaringan penyebar hoax Muslim Cyber Army (MCA).

Kala itu Fadli dibuat terkejut saat di media sosial diramaikan dengan postingan yang menunjukkan foto dirinya seolah bersama admin MCA.

"Kita kan ingin dunia siber kita itu tidak dipenuhi berita-berita fitnah dan hoax," ujar Fadli Zon.

Kantong lagi kering tapi pengen nonton JICOMFEST???

Daripada mencibir itu dosa, mending sobri ikut games MENCABIR alias Mencari Bibir. yang beruntung akan mendapat tiket JICOMFEST gratis !

ikut kuis!






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more