Brilio.net - Menjadi seorang selebriti Tanah Air tentu bukanlah pekerjaan yang mudah. Selain harus menjaga penampilan dan performa setiap saat, para seleb ini juga harus memikirkan masa depan yang tidak bisa diprediksi.

Yap, sejatinya eksistensi sebagai artis di dunia hiburan ada kalanya mengalami pasang surut. Tak heran jika banyak seleb Tanah Air ini memiliki kesibukan lain sebagai publik figur. Salah satunya menekuni dunia bisnis, sebagai investasi masa tuanya.

Salah satu bisnis yang dipilih sederet selebriti ini ialah bisnis di bidang properti yakni kos-kosan. Mereka membangunnya di lokasi yang cukup strategis. Bukan tanpa alasan, lokasi tersebut juga menentukan keinginan konsumen untuk memilih kos sebagai tempat tinggal sementara.

Nggak cuma itu saja, kos-kosan milik para seleb ini juga dilengkapi dengan fasilitas lengkap lho. Penasaran, kan? Berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Rabu (30/9), seleb yang punya usaha sampingan kos-kosan.

1. Tukul Arwana.

foto: Liputan6.com

Pelawak sekaligus host Tukul Arwana juga dikenal sebagai seleb yang menginvestasikan dana untuk masa tuanya dalam bentuk bisnis kos-kosan. Bahkan bisnis kos yang digeluti Tukul sudah tersebar di beberapa daerah di Jakarta. Kesuksesannya dalam membangun bisnis kosan membuatnya dikenal sebagai 'juragan kos-kosan'.


2. Naysila Mirdad.

foto: Instagram/@naymirdad

Menjadi pesinetron yang kerap wara-wiri di layar kaca nggak membuat Naysila Mirdad puas begitu saja. Anak dari Djamal Mirdad dan Lidya Kandouw ini kemudian menginvestasikan hasil yang didapatkan untuk berbisnis kos-kosan.

Bisnis yang kini tengah dijalankan Naysila pun cukup menjanjikan. Hingga saat ini, Naysila Mirdad memiliki 52 kamar kos di Bandung, tepatnya di dekat kampus. Harga sewa yang dipatok dari kosan Naysila yakni Rp 1,5 juta per bulannya.


3. Cynthiara Alona.

foto: Instagram/@cynthiara_alona

Artis cantik yang memulai karier di dunia modeling, Cynthiara Alona juga masuk ke dalam daftar artis yang bergelut di bisnis kos-kosan. Nggak tanggung-tanggung, wanita berusia 34 tahun ini memiliki 97 kamar kos-kosan.

Menariknya, kos-kosan yang ditawarkan Cynthiara Alona terbilang cukup mewah, dengan berbagai fasilitas di dalamnya seperti kolam renang, tempat biliar, sampai karaoke.


4. Ben Kasyafani.

foto: Instagram/@benkasyafani

Mantan suami dari Marshanda, Ben Kasyafani ini dikenal sebagai artis yang juga senang berbisnis. Bisnis yang dipilih Ben ialah bisnis properti kos-kosan. Aktor sekaligus presenter ini diketahui memiliki 16 kamar kos-kosan yang lokasinya berada di daerah Lebak Bulus, Jakarta Selatan.


5. Cita Citata.

foto: Instagram/@cita_citata

Cita Citata menjadi artis selanjutnya yang terjun di dunia bisnis kos-kosan. Hingga saat ini, pelantun tembang Sakitnya Tuh Disini itu memiliki 11 pintu kos-kosan di Tasikmalaya, Jawa Barat.

Rencananya, penyanyi kelahiran 14 Agustus 1994 ini akan membangun 50 kamar kos-kosan baru. Hal itu dilakukan sebagai investasi jangka panjang jika kelak ia pensiun dari dunia hiburan.


6. Citra Kirana.

foto: Instagram/@citraciki

Citra Kirana merupakan artis yang populer karena perannya sebagai Rumana dalam sinetron Tukang Bubur Naik Haji. Rupanya, pundi-pundi yang diperoleh Citra Kirana di dunia akting disalurkannya ke dunia bisnis.

Ia membangun usaha rumah kontrakan dan kos-kosan di Bandung, Jawa Barat. Hingga kini, terhitung ia memiliki 16 kamar kos-kosan yang bisa disewa.

2 dari 2 halaman


7. Zaskia Gotik.

foto: Instagram/@zaskia_gotix

Siapa yang nggak kenal dengan Zaskia Gotik? Pedangdut yang terkenal dengan goyang itiknya ini memang selalu banjir job untuk menyanyi. Namun, selain jago nyanyi, Zaskia Gotik juga jago investasi. Penghasilan yang ia peroleh dari dunia entertainment ia sisihkan untuk membangun kos-kosan.

Ia memulai bisnisnya sudah sejak 2015 lalu. Di atas tanah seluas 10 hektar, Zaskia Gotik membangun 10 rumah kos yang masing-masing berisi 20 kamar. Jadi total ada 200 kamar yang dimilikinya. Wah, banyak banget, nih!


8. Arief Muhammad.

foto: Instagram/@ariefmuhammad

Arief Muhammad juga nggak ketinggalan menginvestasikan dananya dengan membangun bisnis kos-kosan. Berbeda dari artis kebanyakan yang memilih Jabodetabek sebagai lokasinya, Arief Muhammad memilih Yogyakarta sebagai tempat untuk membangun kos. Kos eksklusif miliknya pun didesain dengan interior yang bikin nyaman.


9. Okan Cornelius.

foto: Instagram/@okankornelius

Pemilik nama lengkap Okan Cornelius Tjeuw rupanya juga membangun kos-kosan sebagai bisnis sampingan, selain di dunia hiburan. Kos yang dibangunnya berlokasi di Jakarta Barat dengan memiliki 78 kamar. Ia pun memfokuskan setengah kamar untuk kos bulanan, sedangkan setengahnya lagi untuk disewa harian hingga mingguan.


10. Syahrini.

foto: Instagram/@princessyahrini

Artis yang dikenal dengan jargon-jargonnya yang cukup nyeleneh seperti sesuatu, maju mundur cantik, seperti itu, dan jambul khatulistiwa ini ternyata juga memiliki bisnis kos-kosan.

Diketahui, Syahrini melanjutkan bisnis kos-kosan milik ayahnya yang kini telah tiada. Berlokasi di Bogor dan Rawamangun, bisnis tersebut menjadi usaha sampingan istri dari Reino Barack selain town house yang sudah ia miliki.


11. Tantri 'Kotak'.

foto: Instagram/@tantrisyalindri

Terbaru ialah Tantri Kotak. Istri Arda Naff ini punya sebuah rumah yang disewakan untuk kost di kawasan Maguwoharjo, Yogyakarta. Bukan sembarang kost, Tantri menyediakan kamar mewah bak hotel untuk disewakan.

Namun, kos-kosan milik Tantri kini masih dalam renovasi. Kos yang terdiri dari 2 lantai ini menyediakan 8 kamar untuk disewakan dengan desain minimalis.