Brilio.net - Menginjak usia 7 bulan, YouTuber Ria Ricis menggelar acara adat Tedak Siten untuk anak pertamanya Cut Raifa Aramoana atau lebih dikenal dengan baby Moana. Acara Tedak Siten ini dilaksanakan pada Minggu 19 Maret 2023 pukul 14.00 WIB dan disiarkan langsung lewat salah satu televisi swasta di Indonesia.

Tedak siten merupakan suatu acara dalam tradisi budaya Jawa yang dilakukan ketika anak baru pertama belajar berjalan atau menginjakkan kaki ke tanah. Tedak siten biasanya digelar ketika anak memasuki usia tujuh atau delapan bulan. Rangkaian prosesi yang dijalani buah hati dalam tradisi itu, secara filosofis dianggap jadi gambaran masa depan sang anak.

Ria Ricis menggelar Tedak Siten karena mendiang ayahnya masih keturunan Jawa. Selain itu, adik Oki Setiana Dewi ini juga mengaku saat bayi ia sempat merasakan tradisi tersebut.

"Papa aku kan dari Brebes, jadi kami ambil salah satu budaya dari papa," kata Ria Ricis.

"Waktu aku bayi dulu juga digituin (Tedak Siten), lanjutnya.

Acara Tedak Siten pun berjalan dengan lancar, meski di tengah acara baby Moana sempat tertidur. Sehingga acara sempat dihentikan sebentar sampai baby Moana bangun.

Berikut 11 momen baby Moana anak Ria Ricis jalani prosesi adat Tedak Siten, dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Minggu (19/3).