Brilio.net - Suka menonton film? Genre apa yang paling kamu sukai? Film hadir tidak semata-mata untuk menghibur, namun pasti ada nilai moral yang dapat diambil.

Ide film juga dapat berasal dari berbagai sumber misal dari buku dengan hasil penjualan terbanyak, pengalaman pribadi maupun dari kisah nyata lainnya.

Banyak juga film Hollywood yang diambil dari kisah nyata seperti Bonnie and Clyde, sepasang kekasih yang melakukan tindak kriminal berdua. Akhirnya muncul film yang menceritakan tentang kisah kriminal mereka dengan judul yang sama Bonnie and Clyde.

Berikut brilio.net melansir dari berbagai sumber, Selasa (19/2) 10 film Hollywood bergenre kriminal yang diadaptasi dari kisah nyata.

1. Zodiac - 2007

Loading...

film kisah nyata Istimewa

foto: youtube.com

Film yang disutradarai David Fincher ini menceritakan tentang pembunuh berantai di San Francisco dengan nama sebutan Zodiac Killer. Detektif Dave Toschi bekerja sama dengan editor koran Paul Avery dan ilustratornya Robert Graysmith untuk menyelidiki kasus ini. Sampai pada akhirnya kasus ini berhenti diselidiki karena pada saat penyelidikan ditemukan tiga pelaku dari bukti idenfikasi tulisan tangan, wajah dan sidik jadi.

2. Catch Me If You Can - 2002

film kisah nyata Istimewa

foto: amazon.com

Film bergenre drama kriminal ini disutradarai oleh Steven Spielberg. Film ini menceritakan tentang seorang penipu kelas kakap bernama Frank Abagnale. Pada umurnya yang ke-19 ia berhasil menjadi pilot di Pan American World Airways dengan hasil menipunya. Ia membuat sertifikat pilot palsu sendiri dan membuat cek penerbangan untuk mendapatkan gaji yang besar. Setiap kali ia ketahuan ia akan berganti profesi menggunakan sertifikat palsu yang ia buat lagi. Sampai akhirnya tertangkap polisi dan dia diajak bekerja dengan FBI sebagai peneliti cek palsu yang beredar di masyarakat.

3. Goodfellas - 1990

film kisah nyata Istimewa

foto: indiewire.com

Goodfellas adalah film kriminal Amerika Serikat yang disutradarai Martin Scorsese. Diambil dari buku Wise Guy, film ini menceritakan tentang kisah nyata mafia bernama Henry Hill. Ia bekerja sebagai mafia di bawah naungan Paul Cicero. Henry dan dua temannya, Jimmy dan Timmy, pernah membajak penerbangan Luthfansa dan mendapatkan USD 6 juta. Selain menjadi mafia ia juga menjalankan bisnis narkoba yang sebenarnya dilarang Paul Cicero. Sampai pada akhirnya ia tertangkap polisi karena kasus narkobanya.

4. Bonnie & Clyde - 1967

film kisah nyata Istimewa

foto: mouthshut.com

Film bergenre kriminal ini disutradarai Arthur Penn. Film ini bercerita tentang sepasangan kekasih yang melakukan tidak kriminal bersama. Bermula dari Clyde yang akan mencuri mobil dan tidak sengaja diketahui Bonnie yang saat itu bekerja menjadi pelayan. Mereka memutuskan untuk bersama-sama menjadi pasangan kriminal. Berbagai macam tindak kriminal yang mereka lakukan bersama sampai akhirnya mereka berdua meninggal karena tembakan polisi.

5. The Iceman - 2012

film kisah nyata Istimewa

foto: empireonline.com

Film bergenre drama thriller ini disutradarai Ariel Vromen. Kuklinski pemeran utama dalam film ini merupakan seorang pembunuh bayaran. Dalam cerita tersebut ia menjadi satu tim dengan Pronge, pembunuh bayaran lainnya. Mereka bekerja sama untuk membunuh pimpinan bos mereka. Sampai akhirnya Kuklinski ditangkap pada tahun 1968.

6. American Gangster - 2007

film kisah nyata Istimewa

foto: metacritic.com

Film kriminal ini disutradarai Ridley Scott. Bercerita tentang sebuah geng di Harlem, New York yang dinaungi Frank Lucas. Frank Lucas merupakan bandar narkoba Blue Magic. Detektif Richie Roberts mendapat tugas untuk mengungkap kasus ini. Diketahui juga ternyata banyak polisi-polisi yang bekerja sama dengan Lucas. Sampai akhirnya Lucas tertangkap dan Robert memberi penawaran akan dipotong masa tahanannya jika ia menyebutkan nama polisi yang bekerja sama dengan dia.

7. Black Mass - 2015

film kisah nyata Istimewa

foto: unothegateaway.com

Film berdurasi 2 jam ini disutradarai Scott Cooper. Berisi tentang kisah nyata James Whitey Bulger yang mengontrol geng di Boston Selatan. Sampai pada saat John Connolly, seorang FBI, meminta kerja sama dengan Whitey untuk membagi informasi dengan ganjaran bahwa geng Whitey akan dilindungi. Namun, Whitey memanfaatkan perlindungan Connolly untuk melakukan kejahatan seperi penyelundupan senjata. Sampai pada akhirnya Connoly ingut melakukan kejahatan tersebut dan ditangkap.

(mgg/fairuz puspita)