Brilio.net - Nama unicorn menjadi perbincangan hangat di kalangan warganet. Bukan tanpa alasan, ungkapan unicorn menggaung jadi obrolan semenjak debat capres kedua pada Minggu (17/2).

Kata unicorn dilontarkan pada debat capres kedua oleh calon presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto. "Yang Bapak maksud unicorn unicorn? Maksudnya apa itu yang online online itu?" kata Prabowo.

Unicorn yang dimaksud pada saat itu sendiri adalah sebutan bagi bisnis startup yang memiliki valuasi nilai mencapai USD 1 miliar. Istilah ini mulai diperkenalkan oleh Aileen Lee pemodal ventura sekaligus Cowboy Ventures pada tahun 2013.

Istilah unicorn sendiri sebenarnya sudah ada dari zaman dahulu. Di sisi lain, unicorn merupakan sosok hewan mitologi yang digambarkan seperti kuda dengan satu tanduk. Dilansir dari britannica, unicorn muncul pertama kali pada karya seni berupa lukisan dari orang Mesopotamia. Lukisan tersebut mengarah pada mitos kuno India dan Cina.

Pada literatur Yunani disebutkan hewan ini ditulis oleh Ctesias sekitar 400 SM. Literatur tersebut menceritakan tentang keledai liar bertanduk di India. Ternyata kisah hewan mitologi ini menarik perhatian sineas perfilman Hollywood.

Loading...

Beberapa film Hollywood menampilkan hewan mitologi unicorn. Film tersebut dikemas dalam genre fiksi ilmiah (science fiction) atau fantasi. Brilio.net telah merangkum dari berbagai sumber pada Senin (18/2), berikut deretan film Hollywood yang memunculkan karakter unicorn.

1. Legend (1985)

film unicorn © 2019 brilio.net

foto: telegraph.co.uk

Film yang disutradarai oleh Ridley Scoot ini bergenre science fiction/romance. Beberapa aktor ternama ikut muncul pada film Legend di antaranya Tom Cruise, Mia Sara, dan Tim Curry. Dalam film ini diceritakan ada misi untuk membunuh unicorn yang membawa cahaya untuk melempar dunia ke malam yang abadi.

2. Stardust (2007)

film unicorn © 2019 brilio.net

foto: pinterest.com/missivemaven

Film Stardust rilis pada 9 November 2007 dan disutradarai oleh Matthew Vaughn. Film bergenre romantic adventure fantasy ini dibuat berdasarkan novel dengan judul sama. Unicorn muncul pada film ini untuk membantu Yvaine.

3. The Last Unicorn (1982)

film unicorn © 2019 brilio.net

foto: amazon.com

The Last Unicorn merupakan film kartun karya Jules Bass dan Arthur Rankin Jr. Film berdurasi satu jam 33 menit ini menceritakan tentang petualangan unicorn terakhir di dunia mencari tahu apa yang terjadi pada spesies mereka.

4. Black Moon (1975)

film unicorn © 2019 brilio.net

foto: frenchculture.org

Film yang disutradarai oleh Louis Malle ini pertama kali rilis di Prancis. Dengan durasi 100 menit, Black Moon menampilkan unicorn pada saat Lily mengejar unicorn di sekitar perkebunan.

5. Have Rocket, Will Travel (1959)

film unicorn © 2019 brilio.net

foto: alamy.com

Have Rocket, Will Travel merupakan film science fiction comedy. Film Have Rocket, Will Travel ini disutradarai oleh David Lowell Rich. Dalam ceritanya, keluarga Stooges tidak sengaja terbang ke Venus lalu bertemu dengan Unicorn yang bisa bicara.

6. Nico the Unicorn (1998)

film unicorn © 2019 brilio.net

foto: youtube.com

Film Nico the Unicorn diadaptasi dari buku anak-anak fiksi dengan judul yang sama. Menceritakan tentang Billy yang memiliki teman unicorn bernama Nico. Film bergenre fiksi anak-anak ini disutradarai oleh Graeme Campbell.

7.The Secret of moonacre (2008)

film unicorn © 2019 brilio.net

foto: amazon.com

Film fantasi yang rilis pada tahun 2008 ini diadaptasi dari buku dengan judul The Little White Horse karya Elizabeth Goudge. Film yang disutradarai oleh Gábor Csupó ini bercerita tentang Maria sebagai tokoh utama. Maria bertemu dengan unicorn dan hal-hal aneh lainnya ketika ia berada di tempat tinggal pamannya, lembah Moonacre.

(Mgg/ Fairuz Puspita)