Brilio.net - Salah satu artis terjerat narkoba, Sandy Tumiwa bebas hari ini. Kasus yang menjeratnya 2019 silam resmi berakhir dan kini dirinya sudah bisa menghirup udara bebas. Akibat perbuatannya, Sandy divonis 4 tahun penjara.

Setelah mengajukan banding, Sandy mendapat hukuman 1 tahun 6 bulan. Sandy sendiri bebas melalui program asimilasi Kemenkumham dengan masa hukuman 1 tahun 5 bulan.

Sandy terjerat narkoba usai ditangkap polisi di Hotel The Groove, Jakarta Selatan. Tak sendiri, dia ditangkap bersama rekannya pada 1 Maret 2019 kemarin. Polisi menyita sabu sisa pakai seberat 0,23 gram dan alat hisapnya sebagai alat bukti.

Berikut curhatan Sandy Tumiwa dan pelajaran yang dipetiknya usai mendekam di balik jeruji besi. Dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Jumat (31/7).

1. Ingin lebih rajin beribadah.

Loading...

5 Curhat Sandy Tumiwa usai keluar penjara © 2020 brilio.net

foto: kapanlagi.com

Keluar dari Penjara, Sandy mengaku lebih rajin beribadah. Dia juga akan berusaha agar ibadahnya tak pernah putus. Menurutnya, rajin beribadah adalah salah satu pelajaran terpenting yang ia petik selama dibui.

"Insya Allah, kalau soal ibadah itu nggak diucapkan yang penting kita menjalani," ujar Sandy seperti dilansir dari Kapanlagi.

2. Toleransi dan menghargai satu sama lain.

5 Curhat Sandy Tumiwa usai keluar penjara © 2020 brilio.net

foto: kapanlagi.com

Masanya di bui membuatnya paham pentingnya bertoleransi dan menghargai satu sama lain.

"Dan toleransi menghargai satu sama lain, dan satu lagi adalah bagaimana menerima apa yang terjadi," tambah Sandy.

3. Belajar ikhlas.

5 Curhat Sandy Tumiwa usai keluar penjara © 2020 brilio.net

foto: Liputan6.com

Terjebak kasus narkoba membuat Sandy belajar makna ikhlas. Tak semua bisa dikontrol oleh manusia. Dirinya harus bisa mengampuni orang lain dan diri sendiri atas semua kesalahan yang ada.

"Banyak (pelajaran). Ya salah satunya adalah menerima. Ikhlas ya, maksudnya ikhlas itu kan enggak bisa diucapkan. Ikhlas itu kayak kita melihat ke belakang itu namanya ikhlas," ujar Sandy seperti dilansir Brilio.net dari Liputan6.

4. Menjauhi narkoba.

5 Curhat Sandy Tumiwa usai keluar penjara © 2020 brilio.net

to: Liputan6.com

Sandy mendapat pengalaman langsung tentang betapa berbahayanya narkoba. Seperti disampaikan kuasa hukumnya, Andre Nusi, Sandy kini sudah bebas melalui program asimilasi dari kemenkumham. Program ini didesain agar narapidana seperti Sandy bisa terbebas dari jeratan barang terlarang ini.

"Saya sebagai kuasa hukum Sandy Tumiwa memberikan informasi bahwa Sandy hari ini bebas," ujar Andre Nusi seperti dilansir brilio.net dari Kapanlagi.

5. Akan selalu berusaha berubah lebih baik lagi.

5 Curhat Sandy Tumiwa usai keluar penjara © 2020 brilio.net

foto: kapanlagi.com

Selama berada di tahanan, Sandy berubah menjadi lebih religius. Ia ingin menjadi manusia yang lebih baik daripada sebelumnya. Dia akan terus berusaha dan pelanjutkan perubahan positif ini.

"Dan mulai apa ya, pelajaran-pelajaran sebelumnya ya saya ambil untuk ke depan agar bisa lebih baik," tutup pesinetron ini.