Brilio.net - Pernah nggak kamu bertanya kenapa minyak goreng, oli memiliki tekstur yang berbeda dari cairan-cairan lainnya? Jika ditelisik, oli maupun minyak goreng memiliki tekstur yang kental. Penasaran nggak sih kenapa zat ada yang bertekstur kental dan ada yang tidak? Nah, dalam ilmu fisika kekentalan suatu zat dikenal dengan sebutan viskositas. Apa itu viskositas?

Secara sederhana, viskositas adalah salah satu konsep penting dalam fisika yang berkaitan dengan sifat dan perilaku fluida, yaitu zat yang dapat mengalir seperti cairan dan gas. Viskositas menunjukkan seberapa besar hambatan yang dialami fluida saat mengalir karena adanya gesekan antara molekul-molekulnya. Viskositas juga mempengaruhi laju alir, gaya gesek, dan perpindahan panas dalam fluida.

Untuk memahami rumus viskositas ini nggak terlalu sulit. Kamu hanya perlu memahami konsep dasar, faktor yang mempengaruhi, dan penerapan yang sering ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Nah, berikut ini brilio.net berikan penjelasan lengkap seputar Rumus viskositas, pahami pengertian, faktor, penerapan, dan contoh soal, dilansir dari berbagai sumber pada Jumat (10/11).

Apa itu rumus viskositas?

rumus viskositas © 2023 brilio.net

foto: freepik.com

Viskositas adalah ukuran sejauh mana suatu zat cair (seperti air, minyak, atau madu) menahan aliran atau gerakan internalnya. Dalam istilah sederhana, viskositas menggambarkan seberapa "kental" atau "cair" suatu zat. Zat dengan viskositas rendah akan mengalir lebih mudah, sementara zat dengan viskositas tinggi akan mengalir lebih lambat.

Pada tingkat molekuler, viskositas dapat dijelaskan sebagai hambatan yang dihadapi oleh molekul-molekul zat cair dalam bergerak satu sama lain. Semakin besar hambatan ini, semakin tinggi viskositasnya. Mendukung penjelasan tersebut, menilik pendapat Massey, B S (1983) dalam bukunya ‘ Mechanics of Fluids’, viskositas adalah kuantitas yang mewakili resistensi fluida untuk mengalir ketika terjadi gesekan antara molekul fluida.

Sehingga dapat dipahami bahwa viskositas adalah ukuran kekentalan dan ketahanan fluida untuk mengalir ketika terkena tekanan maupun tegangan. Viskositas juga menunjukkan besarnya gesekan antara molekul-molekul fluida yang saling bergeser. Viskositas ini dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti suhu, tekanan, dan kandungan zat terlarut dalam fluida. Viskositas dapat diukur dengan menggunakan alat yang disebut viskometer, yang mengukur gaya gesek antara dua lapisan fluida yang bergerak dengan kecepatan berbeda.