Penerapan rumus translasi dalam kehidupan sehari-hari.

Rumus translasi dan contoh soal © 2023 brilio.net

foto: freepik.com

Translasi adalah perpindahan semua titik dari suatu bidang pada jarak dan arah tertentu. Dalam kehidupan sehari-hari translasi dapat diterapkan, sebagai berikut:

1. Bermain catur.

Saat bermain catur, kita harus memindahkan bidak-bidak catur di atas papan catur sesuai dengan aturan masing-masing bidak. Misalnya, bidak pion hanya bisa bergerak satu langkah ke depan atau dua langkah ke depan pada giliran pertama. Bidak pion juga bisa menangkap bidak lawan yang berada di depannya secara diagonal. Perpindahan bidak-bidak catur ini merupakan contoh translasi.

2. Pergerakan hewan.

Hewan yang hidup di alam liar sering bergerak untuk mencari makanan, berlindung, atau menghindari predator. Misalnya, seekor harimau yang berlari mengejar mangsanya. Pergerakan harimau ini merupakan contoh translasi.

3. Animasi.

Animasi adalah gambar-gambar yang dibuat bergerak secara berurutan untuk menciptakan ilusi gerakan. Animasi bisa dilihat di film, game, atau media lain. Misalnya, karakter SpongeBob yang berjalan di bawah laut. Pergerakan SpongeBob ini merupakan contoh translasi.

4. Eskalator.

Eskalator adalah tangga berjalan yang digunakan untuk mengangkut orang dari satu lantai ke lantai lainnya. Eskalator bisa ditemukan di mal, bandara, stasiun kereta api, atau tempat umum lain. Misalnya, kita naik eskalator dari lantai 1 ke lantai 2. Pergerakan kita bersama eskalator ini merupakan contoh translasi.

5. Memindahkan meja.

Meja bisa dipindahkan dari satu tempat ke tempat lainnya dengan cara didorong atau diangkat. Misalnya, kita memindahkan meja dari ruang tamu ke ruang makan. Perpindahan meja ini merupakan contoh translasi.