Brilio.net - Bagi kamu yang kecimpung di dunia usaha terutama bagi para akuntan pasti nggak asing lagi dengan istilah laba rugi. Yup, laba rugi merupakan bagian dari laporan keuangan yang sangat penting untuk diketahui. Pasalnya melalui laporan keuangan ini suatu perusahaan dapat mengembangkan usaha serta masa depan perusahaan.

Sebagai bagian penting dari laporan keuangan, laba rugi merupakan salah satu indikator kinerja keuangan perusahaan yang menunjukkan seberapa besar keuntungan atau kerugian yang diperoleh perusahaan dalam suatu periode. Selain itu, laba rugi juga merupakan dasar untuk menghitung pajak penghasilan perusahaan. Oleh karena itu, setiap perusahaan harus mengetahui rumus laba rugi dan cara menghitungnya dengan benar.

Tak hanya sebuah perusahaan besar, tetapi bagi kamu bisnis owner perlu banget lho memahami cara menghitung laba rugi ini. Meski tak semahir akuntan profesional, kamu perlu memperdalam pengetahuan dalam mengelola laporan keuangan yang baik dan benar. Tujuannya agar bisa mengevaluasi sekaligus mengembangkan bisnis yang lebih besar lagi.

Lantas seperti apa sih cara membuat laporan laba rugi perusahaan tersebut? Yuk simak ulasan dalam artikel ini sebba brilio.net mengupas tuntas rumus laba rugi perusahaan, lengkap dengan pengertian, tujuan, komponen dan cara menghitungnya. Dilansir dari berbagai sumber pada Jumat (2/2).

Apa itu laporan laba rugi?

Rumus laba rugi perusahaan dan cara menghitungnya © 2024 brilio.net

foto: freepik.com

Laporan laba rugi merupakan salah satu laporan keuangan yang paling penting bagi perusahaan. Laporan ini menyajikan informasi tentang pendapatan, beban, dan laba atau rugi perusahaan selama periode waktu tertentu.

Yup, bisa dibilang melalui laporan laba rugi perusahaan menjadi alat penting untuk mengukur bagaimana kinerja suatu perusahaan. Dengan laporan ini, perusahaan dapat mengetahui apakah perusahaan mengalami keuntungan atau kerugian, dan bagaimana kinerja perusahaan dibandingkan dengan periode sebelumnya.

Tak hanya itu saja, laporan laba rugi perusahaan juga dapat membantu perusahaan dalam pengambilan keputusan. Misalnya, laporan laba rugi dapat digunakan untuk menentukan apakah perusahaan perlu melakukan ekspansi, meningkatkan produksi, maupun mengurangi biaya tertentu.

Selain itu, laporan laba rugi perusahaan juga dapat meningkatkan transparansi perusahaan. Laporan ini memberikan informasi kepada pihak-pihak yang berkepentingan, seperti investor, kreditur, dan pemerintah, tentang kinerja perusahaan.

Berdasarkan penjabaran tersebut, dapat disimpulkan laporan laba rugi perusahaan merupakan laporan keuangan yang penting bagi perusahaan. Laporan ini memberikan informasi yang penting tentang kinerja perusahaan, yang dapat digunakan untuk mengukur kinerja, pengambilan keputusan, dan meningkatkan transparansi perusahaan.

Tujuan laba rugi perusahaan.

Rumus laba rugi perusahaan dan cara menghitungnya © 2024 brilio.net

foto: freepik.com

Dari pengertian tersebut, dapat dipahami bahwa laporan laba rugi ialah salah satu laporan keuangan yang menunjukkan kinerja maupun profitabilitas perusahaan dalam periode tertentu. Ada beberapa tujuan dari pembuatan laporan laba rugi, antara lain:

1. Memberikan informasi tentang pendapatan, beban, dan laba atau rugi bersih perusahaan kepada pemegang saham, investor, kreditor, dan pihak lain yang berkepentingan.

2. Menjadi bahan evaluasi dan pengambilan keputusan bagi manajemen perusahaan untuk meningkatkan efisiensi, produktivitas, dan kualitas operasi perusahaan.

3. Menjadi dasar perhitungan pajak penghasilan perusahaan dan pembagian dividen kepada pemegang saham.

4. Menjadi tolok ukur kinerja perusahaan dengan perusahaan sejenis maupun dengan standar industri.