Konsep dasar dan rumus bidang miring.

Rumus bidang miring dalam fisika Berbagai sumber

foto: freepik.com

Pesawat sederhana bidang miring adalah salah satu jenis pesawat sederhana yang memanfaatkan bidang miring untuk memindahkan benda dari posisi yang lebih rendah ke posisi yang lebih tinggi. Bidang miring adalah permukaan datar yang membentuk sudut dengan salah satu ujungnya lebih tinggi dari ujung yang lain. Dalam fisika, pesawat sederhana bidang miring digunakan untuk mengurangi gaya yang diperlukan untuk mengangkat benda ke ketinggian tertentu.

Rumus pesawat sederhana bidang miring adalah:

KM = s/h = W/F.

KM adalah keuntungan mekanik, yaitu angka yang dapat menunjukkan seberapa banyak pesawat sederhana menggandakan gayanya. F adalah gaya dorong (N). W adalah berat beban (N). Adapun s adalah panjang bidang miring (m). Sementara h adalah ketinggian (m). Rumus ini membantu menghitung keuntungan mekanik dari pesawat sederhana bidang miring.

Keuntungan mekanik bidang miring yang menggunakan bidang miring tentu akan meringankan beban kerja. Keuntungan mekanik bidang miring dirumuskan sebagai perbandingan antara panjang bidang miring dengan tinggi bidang miring. Secara matematis, rumus bidang miring yaitu:

Fk x s = W x h

Keterangan : Fk = Gaya kuasa (N), s = Panjang bidang miring (m), W = Berat benda (N), h = Tinggi bidang miring (m).