Contoh pesawat sederhana bidang miring.

Contoh pesawat sederhana bidang miring adalah jalan pegunungan yang dibuat berkelok, tangga berputar, pisau, sekrup, dan lain sebagainya.

Perpindahan objek atau benda lewat bidang miring memanfaatkan jarak yang lebih besar sehingga gaya yang diperlukan menjadi lebih kecil. Benda akan digerakkan di sepanjang permukaan tersebut sehingga posisinya berpindah dari posisi yang lebih rendah ke posisi yang lebih tinggi, atau sebaliknya. Besaran-besaran yang terlibat dalam perhitungan bidang miring adalah gaya (F), panjang lintasan (s), tinggi bidang miring (h), dan berat benda (w = m . g).

 

Rumus bidang miring dalam fisika Berbagai sumber

foto: freepik.com

Pesawat sederhana bidang miring sangat berguna dalam kehidupan sehari-hari. Beberapa contoh pemanfaatan bidang miring adalah sebagai berikut: jalan di sekitar gunung atau pegunungan dibuat melingkar-lingkar agar kemiringannya tidak terlalu terjal. Dengan demikian, kendaraan akan lebih mudah melewatinya. Jika jalan dibuat lurus dari lembah ke puncak, jalan menjadi sangat curam sehingga membahayakan kendaraan yang melaluinya.

Untuk membelah kayu yang besar, orang memanfaatkan baji. Bentuk baji yang menggunakan prinsip bidang miring akan memudahkan orang membelah kayu. Selanjutnya, di dalam dongkrak terdapat uliran yang terbentuk bidang miring. Uliran ini meringankan kerja ketika dongkrak sedang digunakan.

Kebanyakan tangga yang terdapat pada rumah atau bangunan yang lebih tinggi dari permukaan tanah dibuat miring agar memudahkan orang untuk mendakinya. Alur-alur pada sekrup sebenarnya memanfaatkan bidang miring.