Brilio.net - Dalam pelajaran fisika, rumus arus listrik adalah materi yang mempelajari tentang fenomena energi listrik. Nggak cuma diajari secara teori, kamu juga akan diajarkan untuk menerapkan rumus arus listrik lewat praktik di laboratorium fisika. Buat kamu yang memang punya hobi eksperimen, kegiatan tersebut pasti seru banget.

Pemahaman tentang arus listrik dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari memang hal yang penting dalam literasi sains dan teknologi modern. Apalagi, materi tentang rumus arus listrik ini bakalan keluar dalam bentuk soal di lembar ujian.

Jika tidak rajin belajar, tentu kamu akan kesulitan mengerjakannya. Sebaliknya kalau kamu rajin berlatih mengerjakan soal, maka soal rumus arus listrik bisa kamu atasi dengan baik.

Nah, buat kamu yang ingin menambah referensi tentang rumus arus listrik, kamu bisa menyimak artikel ini sampai habis. Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Rabu (22/11), ini dia penjelasan tentang rumus arus listrik, pengertian, contoh soal dan pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari.

Pengertian Arus Listrik.

Arus listrik adalah aliran muatan listrik dalam suatu rangkaian tertutup. Dalam konteks ini, muatan listrik dapat berupa elektron yang bergerak melalui konduktor (misalnya, kawat tembaga) dan membentuk arus listrik. Satuan dari arus listrik adalah ampere (A).

Jenis Arus Listrik.

Rumus arus listrik freepik.com

foto: freepik.com

1. Arus searah (DC - Direct Current)

Arus listrik yang mengalir dalam satu arah. Contoh sumber arus searah adalah baterai.

2. Arus bolak-balik (AC - Alternating Current)

Arus listrik yang berubah arah secara berkala. Arus bolak-balik umumnya digunakan dalam distribusi listrik rumah tangga. Frekuensi arus bolak-balik biasanya adalah 50 atau 60 hertz (Hz).

Pemanfaatan Dalam Kehidupan Sehari-hari.

1. Penerangan lampu

Lampu yang digunakan sehari-hari menggunakan arus bolak-balik. Ketika saklar dinyalakan, arus listrik mengalir melalui bola lampu, menyebabkan pendaran cahaya.

2. Charging gadget

Ketika kita mengisi daya ponsel atau perangkat elektronik lainnya, arus listrik searah dari charger mengalir ke baterai perangkat.

3. Listrik rumah tangga

Penggunaan arus bolak-balik sangat umum dalam rumah tangga untuk perangkat-perangkat seperti kipas angin, AC, mesin cuci, dan peralatan dapur lainnya.

4. Pemanfaatan elektrolisis

Dalam proses elektrolisis, arus listrik digunakan untuk memisahkan suatu senyawa menjadi unsur-unsurnya, contohnya adalah pemisahan air menjadi hidrogen dan oksigen.

5. Motor listrik

Motor listrik menggunakan arus bolak-balik atau arus searah tergantung pada jenis motor. Motor ini banyak digunakan dalam berbagai peralatan, termasuk mesin cuci, kipas angin, dan lift.