Brilio.net - Jamu adalah sebutan untuk obat tradisional dari Indonesia. Jamu dibuat dari bahan-bahan alami, berupa bagian dari tumbuh-tumbuhan seperti rimpang (akar-akaran), daun-daunan, hingg buah. Bagi sebagian masyarakat, mereka lebih memilih mengonsumsi jamu yang sudah terbukti khasiat herbalnya daripada obat-obatan dari apotek.

Berbincang tentang jamu, ada satu kios jamu yang sangat legendaris di kota Yogyakarta. Konon penjualnya adalah generasi ketiga dari pembuat jamu Keraton Yogyakarta pada masa Sri Sultan Hamengkubuwono IX. Ialah Jamu Peres Bu Tari, atau lebih terkenal dengan sebutan Jamu Jawa Bu Tari.

Ramuan Jamu Peres Bu Tari © 2022 brilio.net

foto: brilio.net/Ricka Milla Suatin

Resep jamu yang diwariskan secara turun temurun dalam jamu ini telah terbukti menyembuhkan berbagai keluhan kesehatan. Penjualnya bernama Bu Tari. Seorang pemilik sekaligus peracik di kios Jamu Peres yang beralamat di jalan RE Martadinata, Wirobrajan, Yogyakarta. Saking legendarisnya, bahkan sebelum kios beroperasi, pengunjung beramai-ramai antre untuk menunggu warung tersebut dibuka.

Setiap sore, warung ini dipenuhi dengan para pelanggan yang berikhtiar sehat dengan mengonsumsi ramuan jamu Bu Tari. Namun kini Bu Tari tidak full melayani pelanggannya, ia akan dibantu oleh anaknya dalam membuat pesanan. Sebelum membuka kios jamu sendiri, pada masa kecil Bu Tari turut membantu ibunya berjualan jamu keliling.

 

 

 

Mgg: RICKA MILLA SUATIN