Brilio.net - Indonesia dikenal sebagai salah satu negara penghasil biji kopi terbaik di dunia. Beberapa jenis kopi Nusantara pun sudah dikenal di belahan bumi.

Nah baru-baru ini, sejumlah jenis kopi Indonesia jadi pembicaraan karena sedang diikutkan dalam kompetisi kopi paling prestisius di dunia, Cup of Excellence(COE) Indonesia.

Kompetisi yang berjalan sejak September 2022, saat ini memasuki penjurian akhir di tingkat internasional. Cup of Excellence merupakan ajang kompetisi dengan penghargaan paling bergengsi yang diberikan untuk biji-biji kopi tertentu yang berasal dari sebuah negara produsen kopi.

Kopi Indonesia © 2022 brilio.net Cup of Excellence

Setidaknya 39 petani kopi dari 6 provinsi di Indonesia sedang menanti hasil penilaian akhir dari juri dalam kompetisi tersebut. Para petani itu berasal dari Daerah Istimewa Aceh (24 petani), Jambi (5), Sumatera Selatan (1), Jawa Barat (4), Jawa Timur (1) dan Sulawesi Selatan (4). Sekadar informasi, kopi-kopi yang mereka produksi menggunakan empat proses yakni natural (15 lot), washed (9 lot), honey (8 lot) dan gilingbasah atau wet hulled (8 lot).

Penghargaan diperoleh melalui persaingan ketat yang diaudit auditor profesional, dalam pemilihan biji kopi terbaik yang dikirim para petani yang mengikutsertakan hasil biji kopinya dalam jangka waktu panen tertentu.

Biji kopi pemenang dipilih sekelompok cuppers yang berasal dari dalam negeri dan luar negeri. Dalam ajang ini, hanya biji kopi yang memiliki skor tinggi yang diizinkan untuk maju berkompetisi. Para pemenang dalam ajang Cup of Excellence akan dianugerahi penghargaan Cup of Excellence yang
bergengsi.

Kopi Kangen © 2020 brilio.net @yans_brilio

Tidak hanya penghargaan, kopi pemenang akan dijual kepada penawar tertinggi dalam sebuah ajang lelang internet yang merupakan rangkaian dari acara Cup of Excellence di mana harga kopi dalam pelelangan dapat melonjak drastis hingga tingkat yang fantastis.

Ajang Cup of Excellence secara langsung memberikan dampak kesejahteraan kepada para petani pemenang. Selain penghargaan bergengsi yang bisa memopulerkan nama mereka dalam industri
kopi dunia, merekla juga dapat dipertemukan langsung dengan para pembeli kopi di dunia.

Hal tersebut otomatis bakal meningkatkan kemakmuran petani secara pesat mengingat hasil lelang yang sudah dipastikan sangat jauh di atas harga pasaran kopi dunia.