Ada dua jenis lelang kopi

Tahap terakhir dari kompetisi ini adalah lelang daring yang diikuti semua peserta lelang yang didominasi calon pembeli dari luar negeri. Sebelumnya, mereka harus mendaftarkan diri ke ACE, sehingga calon pembeli adalah mereka yang sudah terseleksi.

ACE mengelola dua jenis lelang terkait kopi-kopi yang ikut serta dalam COE ini, masing-masing, National Winner Auction dan COE Auctions.

Lelang nasional berlaku untuk kopi-kopi yang lolos ke babak internasional dan memperoleh poin 85,00- 86,99. Pelaksanaannya pada 1 hingga 10 Februari 2023. Sementara lelang COE untuk kopi-kopi yang lolos ke babak internasional dan memperoleh nilai minimal 87,00. Lelang COE bakal dilaksanakan pada 9 Februari 2023 mendatang.

Kopi Indonesia © 2022 brilio.net @yans_brilio

Lelang COE hanya dibuka 1 malam, atau tepatnya pukul 21:00 hingga selesai apabila tidak ada penawaran baru untuk kopi mana pun di lelang tersebut hingga batas waktu 3 menit berlalu. Sementara untuk lelang National Winner, dibuka dalam waktu yang lebih panjang.

Keuntungan COE tak selalu soal finansial bagi petani atau seluruh pemangku kepentingan kopi di sebuah negara. Lebih dari pada itu, Cup of Excellence menciptakan warisan dan sejarah tertentu dalam peta industri perkopian di setiap negara yang berpartisipasi.