Brilio.net - Bulan Sya'ban adalah bulan kedelapan di kalender Hijriah. Bulan ini jatuh tepat sebelum bulan Ramadan yang dikenal istimewa bagi orang Islam.

Sementara Nisfu Sya'ban jatuh pada pertengahan bulan atau pada tanggal 15 Sya'ban. Pada 2023, Lembaga Falakiyah Pengurus Besar Nadhatul Ulama (LF PBNU) menetapkan bahwa Nisfu Sya'ban akan dimulai pada Selasa, 7 Maret 2023 setelah magrib hingga Rabu, 8 Maret 2023 sebelum waktu magrib.

Dikutip dari nu.or.id, malam Nisfu Sya'ban adalah salah satu malam yang istimewa bagi umat muslim. Pada malam tersebut, doa yang dipanjatkan akan menjadi doa yang mustajab. Nabi bersabda: "Lima malam yang tidak akan ditolak doa di dalamnya: malam pertama bulan Rajab, malam Nisfu Sya'ban, malam Jumat, malam Idul Fitri, dan Malam Idul Adha".

Selain keutamaan tersebut, ada pula keutamaan lain. Pada malam Nisfu Sya’ban, Allah SWT akan mengampuni dosa-dosa hambanya kecuali dosa syirik dan munafik. Oleh karena itu, umat muslim dianjurkan untuk memperbanyak membaca istigfar dan memohon ampun kepada Allah atas segala dosa dan kesalahan yang ia lakukan.