Suara dari Timur

Pagelaran Sabang Merauke © 2022 brilio.net

Menuju wilayah Timur Indonesia, Bolelebo dari Nusa Tenggara Timur (NTT) mengalun. Suara dari Timur kurang lengkap rasanya jika tidak menampilkan lagu Gemu Fa Mi Re, juga dari NTT yang cukup fenomenal. Lagu karya Frans Cornelis Dian Bunda atau akrab disebut Nyong Franco ini merupakan ucapan selamat datang bagi para tamu yang datang ke Maumere, NTT.

Usai itu, lagu Angin Mamiri yang dipadu dengan Tari Kipas serta lagu Sipatokaan dengan sajian Tari Kabasaran mewakili Pulau Sulawesi yang melengkapi suara dari timur dalam pagelaran ini.

Kemudian lagu Rasa Sayange dari Maluku ditampilkan untuk mengiringi mengiringi tari Bambu Gila. Melengkapi wilayah timur Indonesia, lagu Sajojo dan Yamko Rambe Yamko tampil mewakili Papua. Pagelaran Sabang Merauke ditutup secara apik oleh Kikan dengan melantunkan lagu Bendera milik Cokelat dengan diiringi koreografi yang spektakuler.  

“Penyelenggaraan Pagelaran Sabang Merauke merupakan ajakan nyata bagi masyarakat khususnya anak-anak muda untuk kembali mencintai kemegahan karya-karya leluhur bangsa,” ujar CEO dan Direktur Utama iForte dan Protelindo Group Aming Santoso pada sesi jumpa pers Special Performance Pagelaran Sabang Merauke, Jumat (11/11).

Pagelaran Sabang Merauke © 2022 brilio.net

Hal senada disampaikan Direktur BCA Antonius Widodo Mulyono mengatakan bahwa Pagelaran Sabang Merauke diharapkan dapat menjadi social movement yang mendorong masyarakat, khususnya generasi muda untuk lebih mencintai warisan budaya bangsa.

“Tak hanya menjadi sarana agar masyarakat semakin mencintai warisan budaya bangsa, pementasan ini diharapkan bisa menjadi penggerak agar masyarakat semakin menyelami kekayaan bangsa ini,” kata Widodo.   

Lewat Pagelaran Sabang Merauke masyarakat tidak hanya disuguhkan pertunjukkan sekaligus menyelami budaya Tanah Air tapi juga bisa menikmati festival UMKM pilihan untuk membangkitkan semangat kebanggaan terhadap produk anak bangsa. Festival UMKM ini melibatkan 38 UMKM #banggalokal binaan BCA. Di sini, pengunjung dapat melihat produk-produk berkualitas karya anak bangsa.