Brilio.net - Indonesia memiliki potensi menjadi pemain ekonomi halal kelas global dan pusat industri halal global pada 2024. Hal ini tak terlepas dari status Indonesia sebagai negara dengan populasi muslim terbesar di dunia, yaitu sebanyak 222 juta jiwa.

Jumlah populasi yang tidak sedikit, ditambah perkembangan tren gaya hidup halal jadi kesempatan emas untuk memajukan industri halal di Indonesia agar mendunia. PT Paragon Technology and Innovation (Paragon) merupakan salah satu produsen kosmetik dalam negeri yang turut memajukan industri halal di Tanah Air.

Pionir produsen kosmetik halal di Indonesia ini telah mendapatkan penghargaan Best of The Best dan Best Corporate Social Impact Initiative dalam ajang Indonesia Halal Industry Award (IHYA) 2021 oleh Kementerian Perindustrian Republik Indonesia.

Berkat pencapaian itu, Paragon mendapat kunjungan dari Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia (RI) Ma'ruf Amin baru-baru ini. Kunjungan Wapres RI ke pabrik Paragon di Kawasan Industri Jatake Tangerang merupakan bentuk apresiasi pemerintah kepada Paragon. Selain itu, kunjungan ini juga dilakukan dalam rangka meninjau implementasi industri halal di lingkungan pabrik Paragon.

wardah_kv istimewa

foto: Paragon

"Alhamdulillah hari ini saya bisa meninjau langsung ke lapangan daripada PT Paragon Technology and Innovation yang saya lihat sangat besar sekali dan ini merupakan industri yang saya lihat mengedepankan riset penelitian, bukan hanya berbasis pasar. Saya melihat perusahaan ini berkembang pesat karena perpaduan antara halal dan inovasi," ungkap Ma'ruf Amin.

Perusahaan kosmetik halal Indonesia yang menaungi brand Wardah, Make Over, Emina, Kahf, Putri, dan LABORÉ ini terus berkomitmen untuk mengedepankan nilai kebermanfaatan melalui inovasi produk halal.

wardah_kv istimewa

foto: Paragon

"Sejalan dengan visi Paragon untuk menjadi perusahaan yang terus berkembang dan bermanfaat, Paragon telah menjalankan kolaborasi dengan berbagai pihak untuk mengambil peran di dunia pendidikan, kesehatan, lingkungan, pemberdayaan wanita, dan ekonomi. Penghargaan IHYA 2021 yang diterima Paragon sebagai Best of The Best dan Best Corporate Social Impact Initiative menjadi semangat Paragon untuk terus berkembang, menggerakkan kebermanfaatan, dan mendorong implementasi industri halal di Indonesia," pungkas Harman Subakat, Group CEO Paragon Corp.

Sejak awal, Paragon konsisten dan berkomitmen dalam memberikan jaminan kualitas produk halal kepada konsumen. Hal ini dilakukan Paragon demi mendorong pertumbuhan industri hala di Indonesia maupun dunia.

Untuk menunjukkan komitmen tersebut, Paragon menjalin kolaborasi dengan ahli global yang tersebar di seluruh dunia, membangun jejaring, bekerja sama dengan penyedia bahan baku halal, dan memastikan proses produksi berjalan sesuai standar halal. Selain itu, setiap inovasi produk yang dihadirkan telah melewati uji keamanan (safety test) dan keampuhan (clinical test) yang dilakukan sesuai standar internasional.

wardah_kv istimewa

foto: Paragon

Wardah sebagai salah satu brand kosmetik terbesar Paragon telah menjadi merek kosmetik halal nomor satu di Indonesia dan diakui secara global. Paragon terus mendorong perubahan baik bagi konsumen dan masyarakat umum. Hal ini karena inovasi merupakan prinsip utama Paragon dalam membentuk perubahan ke arah yang lebih baik.

Di tengah situasi pandemi Covid-19, perusahaan yang sudah hadir selama 36 tahun ini bahkan terus menghadirkan inovasi halal. Dalam dua tahun terakhir, Paragon berhasil meluncurkan dua brand baru yaitu Kahf sebagai inovasi brand personal care halal khusus pria, serta LABORE sebagai sensitive skincare lokal pertama di Indonesia.

Bukan hanya itu, Paragon juga berhasil menghasilkan lebih dari 300 inovasi produk, serta memperluas ekspansi di Malaysia pada 2021. Melalui berbagai inovasi ini, Paragon berharap dapat terus memajukan perekonomian dan industri halal di Indonesia.

wardah_kv istimewa

foto: Paragon

"Di tahun 2022, kami optimis dan siap untuk ikut serta dalam memberikan kontribusi baik bagi pemulihan ekonomi Indonesia serta industri halal melalui pertumbuhan yang berkelanjutan dan bermanfaat bagi seluruh masyarakat," jelas Harman.

Paragon berkomitmen untuk terus menghadirkan inovasi produk melalui kekuatan tim R&D dan kolaborasi jaringan bersama pakar global dari AS, Australia, Prancis, Thailand, juga Indonesia sebagai upaya pengembangan penelitian. Dalam membangun industri halal Indonesia, Paragon konsisten untuk mengedepankan standar tinggi yang berfokus pada penelitian, inovasi, dan kemajuan teknologi.

(brl/lak)

(brl/lak)