Brilio.net - Hidup ini bisa dibilang seperti salad buah, banyak pilihan buah yang berbeda-beda, tapi semua bisa dikonsumsi dengan nikmat. Begitu juga dengan kehidupan, kamu hidup di dunia yang penuh dengan perbedaan, seperti perbedaan suku, agama, budaya, dan pandangan politik.

Karena itu, penting bagimu untuk menyadari bahwa keberagaman ini harus dihormati dan diakui keberadaannya. Demokrasi menjadi kunci dalam hal ini, karena demokrasi memberikan ruang bagi setiap individu untuk berperan aktif dalam pembentukan kebijakan dan keputusan yang memengaruhi kehidupan mereka. Dengan demokrasi, setiap orang memiliki kesempatan yang sama untuk dihargai dan didengarkan, tanpa memandang latar belakangnya.

Keberagaman merupakan aset utama dalam sebuah masyarakat, karena dengan adanya perbedaan, kamu bisa belajar dan bertumbuh menjadi individu yang lebih terbuka dan toleran. Dengan memahami dan menerima perbedaan, kamu bisa membangun sebuah masyarakat yang inklusif, adil, dan berkelanjutan.

Demokrasi menjadi instrumen yang memungkinkan kamu untuk menghargai keberagaman ini, karena dengan demokrasi, setiap suara didengar dan diperhitungkan, tanpa diskriminasi. Oleh karena itu, penting untuk mengakui bahwa kehidupan ini dipenuhi dengan perbedaan, dan demokrasi menjadi penyeimbang yang memastikan bahwa setiap individu memiliki hak dan kesempatan yang sama untuk dihargai dalam masyarakat.

Nah, untuk itu brilio.net merangkum dari berbagai sumber pada Kamis (11/1), pengertian sampai 15 manfaat demokrasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Selengkapnya berikut ini.