Brilio.net - Kebiasaan menulis bukan hanya sekadar menyalurkan hobi. Tapi juga dapat mendatangkan cuan. Fakta inilah yang dialami sejumlah ibu rumah tangga. Di sela kesibukan mengurus rumah tangga, ternyata deretan perempuan ini justru sukses membantu keuangan keluarga, termasuk saat pandemi.

Pengalaman inilah yang dibagikan sejumlah ibu rumah tangga yang menjadi penulis di KBM App, platform membaca dan menulis online saat acara Kopdar Nasional KBM App, disela-sela gelaran Indonesia International Book Fair (IIBF) di Jakarta, Minggu (13/11/2022).  

Nggak tanggung-tanggung lho. Para ibu rumah tangga ini sudah bisa meraih pendapatan mulai dari ratusan juta hingga miliaran rupiah setelah menjadi penulis di KBM App. Sebut saja Dwi Indra yang sudah menerima lebih dari Rp600 juta dari penjualan cerita bersambung (cerbung) digital senilai lebih dari Rp 1 miliar.

Lalu ada juga Majarani yang sudah menghasilkan lebih dari Rp 500 juta. Kemudian Bunga, Hanin, Casanova yang sudah  menghasilkan lebih dari Rp300 juta. Sedangkan Ciayo Indah menghasilkan lebih dari Rp200 juta dari menulis.

Para ibu rumah tangga ini berhasil meraih pendapatan tersebut justru saat situasi pandemi. Karena itu nggak berlebihan jika menulis adalah pekerjaan yang paling cocok buat ibu rumah tangga. Sebab, menulis bisa dilakukan di mana saja, kapan saja, bahkan saat sedang melakukan kegiatan lain.

Seorang ibu bisa berimajinasi sambil menyusui, saat memasak, saat mencuci, saat menemani anak bermain atau saat berkegiatan. Di sela waktu senggang saat menunggu anak sekolah atau sedang tidur siang, ibu rumah tangga bisa menulis.