Doa Akhir Tahun Hijriah biasanya dipanjatkan menjelang pergantian tahun dalam kalender Hijriah, yang berakhir dengan bulan Dzulhijjah. Berikut adalah beberapa doa yang dapat dibaca saat akhir tahun Hijriah.

Doa akhir tahun Hijriah lengkap dengan amalannya ©

Doa akhir tahun Hijriah lengkap dengan amalannya
© /Pexels.com

Doa Akhir Tahun Hijriah:

1. Allahumma adim liyal 'umura wa ahyini 'ala al-Islami wa altamis 'ilman nafi'an wa a'udhu bika min fitnati al-mahya wal-mamat.

Artinya: "Ya Allah, panjangkanlah umurku dan hidupkanlah aku dalam keadaan beragama Islam. Berikan aku kesempatan untuk mencari ilmu yang bermanfaat. Dan berlindunglah aku dari fitnah kehidupan dan kematian."

2. Allahumma ij'al 'aamana hadza 'aaman maghfiratin wa rahmatin wa nuurin wa hudan, wa sidqin wa sawabin wa sa'adatin wa sururin.

Artinya: "Ya Allah, jadikanlah tahun ini sebagai tahun penuh pengampunan, rahmat, cahaya, dan petunjuk. Jadikanlah kami berada di jalan yang lurus dan benar, serta penuh dengan kebahagiaan dan kesenangan."

3. Allahumma ij'al sanati al-jariyata khayran min sanati al-madiyah, waj'al awwala sanatin li min sanati al-qadimah, waj'al khayra a'mali khawatimaha, wa khayra ayyami yawma alqaaka.

Artinya: "Ya Allah, jadikanlah tahun ini lebih baik dari tahun yang telah berlalu, dan jadikanlah tahun yang akan datang sebagai tahun yang lebih baik bagiku. Jadikanlah akhir dari amalku yang terbaik, dan hari-hari terbaikku adalah saat aku bertemu dengan-Mu."

4. Allahumma adkhilna al-sanata al-jadidah bial-iman wal-amal wassurur, waj'alha khayran 'alayna mina al-sanati allati qablah, wa tawaffina fiha wa anta rin 'ann.

Artinya: "Ya Allah, masukkan kami ke dalam tahun baru dengan iman, harapan, dan kebahagiaan. Jadikan tahun baru ini lebih baik bagi kami daripada tahun sebelumnya, dan wafatkanlah kami dalam tahun ini dengan Engkau ridha atas kami."

5. Allahumma inni a'udhu bika min zawali ni'matika, wa tahawwuli 'afiyatika, wa fuja'ati niqmatika, wa jami'i sakhatika.

Artinya: "Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari hilangnya nikmat-Mu, berubahnya kesehatan-Mu, datangnya bencana-Mu dengan tiba-tiba, dan murka-Mu yang meliputi segala sesuatu."

Selain doa di atas, ada banyak doa lain yang bisa dipanjatkan untuk mengakhiri tahun Hijriah dan menyambut tahun baru. Tujuan utama dari doa-doa tersebut adalah untuk meningkatkan kesadaran diri kita sebagai hamba Allah, merenungkan perjalanan hidup, dan memohon perlindungan serta petunjuk-Nya di masa yang akan datang.