Brilio.net - Kamu kerap menggunakan handphone sampai seharian? Kebiasaan skrining handphone berjam-jam telah menjadi hal biasa yang dapat berdampak buruk pada tubuh manusia. Namun terciptanya teknologi hakekatnya membantu manusia dalam berbagai aspek, termasuk meningkatkan literasi digital.

Literasi digital merupakan hal yang penting untuk dipelajari. Jika dimanfaatkan dengan baik, teknologi dapat menghadirkan inovasi-inovasi tertentu dalam berbagai bidang. Dengan bantuan teknologi kamu dapat mengakses berbagai hal, salah satunya mengakses ilmu pengetahuan yang lebih luas lagi.

Di era yang semakin modern ini, setiap orang dituntut untuk menguasai gadget, komputer, dan berbagai alat teknologi lainnya supaya kamu tidak kagok ketika dihadapkan pada perkembangan zaman. Nggak hanya didapat di sekolah, literasi digital ini juga perlu diterapkan di rumah.

Lantas seperti apa literasi digital di rumah itu? Berikut disajikan contoh literasi digital di rumah beserta fungsinya yang patut kamu coba, dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Jumat (9/6).

Pengertian literasi digital di rumah

Contoh literasi digital di rumah © 2023 brilio.net

foto: pexels.com

Literasi digital di rumah mengacu pada kemampuan seseorang untuk menggunakan, memahami, dan berinteraksi dengan teknologi digital di lingkungan rumah. Ini mencakup pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk memanfaatkan teknologi digital secara efektif, kritis, dan bertanggung jawab dalam kehidupan sehari-hari.

Literasi digital di rumah melibatkan pemahaman tentang penggunaan perangkat digital, seperti komputer, smartphone, tablet, dan akses internet. Ini juga mencakup kemampuan untuk menavigasi dan menggunakan berbagai aplikasi, platform media sosial, situs web, dan sumber daya digital lainnya. Selain itu, literasi digital juga melibatkan pemahaman tentang keamanan online, privasi, dan etika digital.

Pentingnya literasi digital di rumah terletak pada kemampuannya untuk membantu individu dan keluarga dalam memanfaatkan teknologi secara positif dan produktif. Dengan literasi digital yang baik, orang dapat mengakses informasi, berkomunikasi dengan orang lain, belajar, bekerja, dan berpartisipasi dalam kegiatan online dengan lebih baik.