Contoh kewajiban anak di rumah.

Contoh kewajiban anak di rumah © 2023 brilio.net

foto: pexels.com

1. Membersihkan kamar tidur.

Anak memiliki tanggung jawab untuk menjaga kebersihan dan kerapihan di dalam kamar tidurnya. Mulai dari merapikan tempat tidur, melipat dan menyusun pakaian dengan rapi, serta menjaga kebersihan barang-barang pribadinya.

2. Menjaga kebersihan diri.

Anak diharapkan untuk menjaga kebersihan dirinya sendiri, seperti mandi secara teratur, menyikat gigi, mencuci tangan sebelum dan setelah makan, serta menjaga penampilan pribadi dengan rapi.

3. Merapikan mainan dan barang-barang pribadi.

Anak bisa diajarkan bertanggung jawab untuk merapikan dan menyimpan mainan mereka setelah bermain. Ia juga perlu menjaga barang-barang pribadinya agar tidak berserakan di seluruh rumah.

4. Membantu dalam tugas rumah tangga ringan.

Anak dapat membantu dalam tugas-tugas rumah tangga ringan, seperti menyapu lantai, mencuci piring atau gelas yang dipakai sendiri, mengepel, menyiram tanaman, atau mengatur meja makan.

5. Mengatur dan merawat barang-barang sekolah.

Anak harus bertanggung jawab untuk merawat dan mengatur barang-barang sekolah, seperti tas, buku, dan peralatan tulis. Ia juga harus memastikan perlengkapan sekolah siap setiap hari.

6. Belajar dan menyelesaikan tugas sekolah.

Anak memiliki kewajiban untuk belajar dengan sungguh-sungguh dan menyelesaikan tugas-tugas sekolah dengan tepat waktu. Dimana ia juga perlu berkomunikasi dengan orang tua atau wali tentang perkembangan akademiknya.

7. Menghormati dan mendengarkan orang tua.

Anak-anak diharapkan untuk menghormati dan mendengarkan orang tua, mengikuti aturan rumah, serta menunjukkan sikap hormat dan sopan kepada orang tua dan anggota keluarga lainnya.

8. Berperilaku baik di luar rumah.

Anak perlu menunjukkan perilaku yang baik dan sopan di luar rumah, seperti di sekolah, tempat umum, atau ketika berkunjung ke rumah teman. Kamu juga harus mematuhi aturan dan tata tertib di tempat-tempat tersebut. Seperti kata pepatah, dimana kaki berpijak disitu langit dijunjung, yang berarti kemana pun melangkah kamu harus taat dan menghargai aturan dan budaya ditempat tersebut.

9. Menunjukkan rasa empati dan gotong royong.

Anak perlu belajar untuk menunjukkan rasa empati kepada anggota keluarga lainnya, membantu mereka ketika diperlukan, serta berbagi tugas dan tanggung jawab dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.

10. Berperilaku sopan dan menghormati orang lain.

Anak memiliki kewajiban untuk berperilaku sopan dan menghormati orang lain, termasuk anggota keluarga sendiri, tetangga, dan tamu yang datang ke rumah. Ini mencakup menggunakan bahasa yang baik, menghindari kata-kata kasar, dan menunjukkan sikap ramah serta sopan santun.

11. Menghindari perilaku yang merugikan nama baik keluarga.

Anak memiliki tanggung jawab untuk menghindari perilaku yang dapat merugikan nama baik keluarga, seperti mencuri, berbohong, mengganggu ketertiban umum, atau terlibat dalam tindakan yang melanggar hukum. Anak perlu memahami konsekuensi dari tindakan terhadap citra dan reputasi keluarga.