Brilio.net - Momen Lebaran biasanya diramaikan dengan tradisi bagi-bagi THR atau bagi-bagi uang untuk sanak saudara. Tradisi ini jadi salah satu hal yang dinantikan, apalagi untuk kalangan anak-anak. Untuk meramaikan tradisi ini, biasanya orang akan menukar uang lama dengan uang cetakan baru untuk dibagikan pada kerabat. Kebiasaan menukar uang jelang Lebaran ini sudah jadi budaya yang dilakukan oleh masyarakat untuk menyambut Hari Raya.

Menyiapkan uang tunai baru ini bisa diartikan sebagai simbol kebahagiaan dan keberkahan yang dibagikan pada sanak saudara. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menukar uang baru. Jelang Lebaran, biasanya ada yang buka jasa tukar dadakan di jalan. Tapi amannya, kamu bisa melakukan proses penukaran uang baru di berbagai tempat seperti bank, money changer, atau melalui layanan online. Namun, perlu diperhatikan juga syarat dan ketentuan yang berlaku untuk menukarkan uang baru.

Beberapa dari kamu pasti sangat awam terkait bagaimana cara menukar uang baru di bank. Bagi kamu yang selama ini hanya menukarkan di pinggir-pinggir jalan atau malah hanya mengumpulkan uang baru sebagai persiapan jelang Lebaran, kamu harus tahu cara menukarkan uang baru di bank.

Keunggulan yang kita dapat dari menukarkan uang baru di bank di antaranya uang yang kita dapat sesuai dengan nominal yang kita tukar. Karenanya, bagi kamu yang ingin menghemat biaya, menukar uang baru di bank menjadi solusi terbaik.

Dengan mengetahui cara menukarkan uang baru di bank kamu dapat menyiapkan uang tunai lebih dini dan efisien. Persiapan lebih cepat akan meningkatkan kenyamanan dan kelancaran selama liburan Lebaran nanti.

Berikut ini cara menukarkan uang di bank, sebagai persiapan Lebaran dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Senin (26/2).

Cara menukarkan uang di bank secara online dan offline.

Cara menukarkan uang baru di bank © berbagai sumber

foto : pixabay.com

Cara menukarkan uang baru di bank dapat melalui metode online maupun offline. Dengan begitu, kamu bisa memilih salah satu metode saat hendak menukar uang tunai baru sesuai situasi dan kondisimu saat itu. Jika kamu memahami penggunaan aplikasi digital, tentu cara online jauh lebih efektif karena kamu hanya tinggal ke bank untuk mengambil uang baru saja tanpa harus mengantre lama.

Bagi kamu yang tidak mau ribet dalam penggunaan aplikasi, kamu tetap bisa menukarkan uang dengan datang langsung ke bank. Kamu hanya perlu mencermati syarat dan ketentuan untuk menukar uang di bank. Selanjutnya, kamu akan dipandu dalam penukaran uang di lokasi bank yang kamu tuju.

 

(mgg/Robiul Adil Robani)