Brilio.net - Words of affirmation adalah salah satu dari lima bahasa cinta yang diperkenalkan oleh Gary Chapman, seorang penulis dan konselor pernikahan. Words of affirmation adalah cara mengungkapkan kasih sayang, penghargaan, dan dukungan kepada pasangan melalui kata-kata yang positif dan tulus. Words of affirmation bisa berupa pujian, terima kasih, pengakuan, atau pernyataan cinta.

Bagi sebagian orang, words of affirmation adalah bahasa cinta utama, yang artinya kamu merasa dicintai dan dihargai ketika mendengar kata-kata yang menyenangkan dari pasanganmu. Sebaliknya, kamu juga merasa tersakiti dan kecewa ketika mendengar kata-kata yang kasar dan menyakitkan dari pasangannya.

Namun, bagaimana cara mengungkapkan words of affirmation yang tepat dan efektif kepada pasangan? Apa saja hal-hal yang perlu diperhatikan dan dihindari? Nah, brilio.net sudah merangkum dari berbagai sumber pada Jumat (5/1), cara mengungkapkan words of affirmation untuk pasangan, beserta contohnya yang bisa membuat hubungan kamu semakin harmonis dan bahagia.

Cara mengungkapkan words of affirmation.

Cara mengungkapkan words of affirmation untuk pasangan dan contohnya © 2024 brilio.net

foto: freepik.com

1. Ungkapkan cinta dengan tulus.

Jangan ragu untuk menyatakan cinta kamu secara langsung. Katakan bahwa kamu mencintai pasanganmu, dan berikan alasan spesifik mengapa kamu mencintainya. Misalnya, "Aku mencintaimu karena kebaikan dan dukunganmu yang tak henti-hentinya."

2. Gunakan kata-kata yang spesifik.

Jangan hanya memberikan pujian umum. Sebaliknya, buat kata-kata yang lebih spesifik dan relevan dengan situasi atau tindakan tertentu. Contohnya, "Terima kasih karena selalu ada untukku ketika aku membutuhkanmu."

3. Ungkapkan penghargaan terhadap kualitas unik pasangan.

Fokuskan pada kualitas atau karakteristik khusus yang kamu hargai dari pasangan. Misalnya, "Aku sangat mengagumi kecerdasanmu dan bagaimana kamu selalu mencari pemahaman yang lebih dalam."

4. Sampaikan sambil bertatap mata.

Ketika kamu menyampaikan words of affirmation, pastikan untuk menatap mata pasangan dengan lekat. Tatapan mata dapat meningkatkan keintiman dan memastikan bahwa kata-kata yang kamu sampaikan benar-benar tulus untuk pasanganmu.

5. Sesekali berkomunikasi dengan sentuhan.

Tak hanya kata-kata, kadang perlu adanya sentuhan lembut seperti pelukan dengan menyertai kata-kata words of affirmation kamu. Sentuhan fisik dapat memperkuat pengaruh kata-kata dan membuat hubungan semakin kuat secara emosional.