Cara menerima transfer

menerima transfer uang dari luar negeri © 2023 brilio.net

foto: freepik.com

Setelah dokumentasi penting telah kamu siapkan, berikut ini beberapa cara menerima transfer uang dari luar negeri:

1. Western Union 

Western Union menjadi salah satu layanan untuk menerima transfer uang dari luar negeri. Untuk biaya administrasinya berkisar Rp 50.000 – Rp 100.000. Lalu, untuk menerima transfer uang dari luar negeri lewat Western Union, kamu dapat lakukan cara ini. 

Pertama masuk ke website Western Union, lalu masukan nomor yang diberikan oleh pihak pengirim untuk melakukan pelacakan. Jika sudah, datang ke kantor Western Union dengan membawa data diri. Setelah itu isi formulir sebagai tanda terima uang dari luar negeri. Dengan begitu kamu dapat menerima transfer uang dari luar negeri.

2. Melalui PayPal

PayPal merupakan platform digital yang banyak digunakan untuk menerima transfer uang dari luar negeri maupun dalam negeri. Layanan ini berfungsi sebagai alat pembayaran virtual untuk belanja dan mengirimkan uang. Untuk menerima transfer uang dari luar negeri melalui PayPal berikut caranya.

Unduhlah aplikasi PayPal, lalu klik PayPal Balance. Setelah itu tekan Withdraw Money. Kemudian pilih ke rekening mana uang akan dikirimkan. Kamu dapat menentukan jumlah uang yang akan ditarik. Lalu klik transfer, dan mengecek mutasi rekening bank tujuan.

menerima transfer uang dari luar negeri © 2023 brilio.net

foto: freepik.com

3. Bank BRI

Kamu juga bisa menerima transfer uang dari luar negeri melalui bank BUMN seperti BRI, lho. Bank ini memiliki layanan BRIfast remittance dengan swift code BRINIDJAXXX. Setelah itu, kamu bisa memasukan langsung jumlah uangnya ke rekening BRI atau bank lain. Tak cuma itu, kamu juga bisa juga tarik tunai dengan melengkapi data seperti Kartu Tanda Penduduk atau Paspor. 

Lalu kamu harus mengisi formulir yang disiapkan. Pastikan kamu mengetahui nama siapa nama pengirim dan mengetahui jumlah uang yang dikirim, serta mengetahui kode transfer yang diberikan pengirim. Setelah itu datanglah ke kantor cabang BRI terdekat. Dengan begitu uang dari luar negeri dapat dicairkan.

4. Bank BCA

Lalu, cara menerima transfer uang dari luar negeri bisa dilakukan melalui bank BCA. Kamu dapat datang ke kantor cabang BCA terdekat. Lalu menunjukan identitas diri seperti paspor atau KTP. Di sana kamu akan diarahkan untuk mengisi formulir penerimaan uang. Pastikan kamu mengetahui nama pengirim, dan jumlah uang yang dikirim. Selanjutnya masukan kode transfer pengirim. 

Adapun berikut biaya yang akan dikenakan ketika menerima transfer uang dari luar negeri melalui BCA. Pengkreditan ke rekening BCA dikenakan akan Rp 35.000. Pencairan langsung tunai akan dikenakan Rp 150.000. Pencairan ke rekening lain dikenakan Rp 50.000. Lalu, penerimaan mata uang asing ke BCA Valas akan dikenakan biaya sebesar USD 5. Selain itu, pencairan mata uang asing ke rupiah dikenakan USD 10.

Itulah beberapa cara menerima transfer uang dari luar negeri. Hal ini memang memerlukan pemahaman yang baik tentang metode transfer yang akan kamu gunakan serta syarat-syarat yang diperlukan. Pastikan kamu mengikuti langkah-langkah di atas dan memastikan bahwa semua informasi yang kamu berikan akurat untuk memastikan proses yang lancar dan aman. Jika kamu memiliki pertanyaan lebih lanjut, selalu bijaksanalah untuk berkonsultasi dengan lembaga keuangan atau profesional keuangan yang terpercaya.