Brilio.net - Zakat fitrah untuk anak adalah kewajiban yang harus dipenuhi oleh orang tua yang bertanggung jawab atas anak-anak mereka. Salah satunya dengan membayar zakat fitrah atas nama anak-anak yang belum mencapai usia baligh. Tujuan utama dari membayar zakat fitrah untuk anak adalah untuk membersihkan harta dari sifat-sifat buruk dan untuk memastikan anak-anak mendapatkan kecukupan pada saat Idul Fitri.

Sebagai orang tua, tentunya juga memiliki kewajiban lainnya untuk menunaikan hak sang anak dalam mendidik mereka mengenai Islam sesuai syari'at agama. Termasuk memberikan pengetahun tentang zakat dan ibadah lainnya, baik wajib maupun yang sunah.

Jika sedari kecil telah dibiasakan untuk menunaikan ibadah zakat, maka pada saat dewasa kelak, mereka akan mudah mengamalkannya. Salah satu zakat yang wajib ditunaikan umat Muslim di bulan Ramadhan adalah zakat fitrah. Jika kamu sebagai orang tua ingin memperoleh informasi terkait bacaan niat zakat fitrah untuk anak, baik dengan bahasa Arab, latin, hingga maknanya, bisa kamu simak informasi di bawah ini.

Berikut bacaan niat zakat fitrah untuk anak, lengkap dengan bahasa Arab, latin dan maknanya, dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Jumat (5/4).

Ada beberapa hal yang perlu dipahami terkait zakat fitrah untuk anak:

1. Tanggung jawab orang tua

Orang tua memiliki tanggung jawab utama untuk membayar zakat fitrah atas nama anak-anak mereka, terutama yang belum sampai usia baligh, dan juga anak-anak yang belum mampu mandiri secara finansial.

2. Jumlah zakat fitrah

Besaran jumlah zakat fitrah yang harus dibayarkan untuk anak dapat disesuaikan dengan kemampuan orang tua masing-masing. Biasanya, jumlahnya setara dengan nilai tertentu dari jenis makanan pokok yang lazim dikonsumsi oleh masyarakat dan juga sesuai dengan ketentuan yang berlaku di wilayah tersebut.

3. Memberi manfaat untuk anak

Membayar zakat fitrah untuk anak adalah cara untuk memastikan anak-anak mendapatkan manfaat, baik dalam segi spiritual ataupun materi. Zakat fitrah juga memberikan kesempatan bagi orang tua untuk mendidik anak-anak tentang pentingnya berbagi dan membantu sesama.