Brilio.net - Puasa Ramadhan merupakan salah satu ibadah wajib bagi umat Islam yang dilakukan selama sebulan penuh di bulan Ramadhan. Puasa Ramadhan memiliki banyak hikmah dan keutamaan, seperti menghapus dosa, meningkatkan taqwa, maupun melatih kesabaran. Namun, untuk memperoleh pahala dan keberkahan di puasa Ramadhan, kamu harus menjalankan ibadah puasa dengan baik dan benar.

Salah satu hal yang penting dalam menjalankan puasa Ramadhan adalah niat. Niat ialah kehendak atau tekad yang ada di dalam hati untuk melakukan sesuatu karena Allah SWT. Niat menjadi syarat sahnya puasa, tanpa niat puasa tidak akan diterima oleh Allah SWT di mana niat harus dilakukan setiap hari sebelum terbit fajar, dan disunnahkan untuk dilafalkan.

Selain niat, ada juga hal yang dianjurkan dalam menjalankan puasa Ramadhan, yaitu sahur. Sahur merupakan makan dan minum yang dilakukan sebelum terbit fajar, sebagai bekal untuk berpuasa di siang hari. Sahur bukanlah rukun atau syarat sah puasa, tetapi merupakan sunnah yang memiliki banyak keutamaan dan keberkahan.

Lantas, bagaimana hukum puasa Ramadhan tanpa sahur dan niat? Apakah puasanya sah atau tidak? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini! Dilansir brilio.net dari berbagai sumber pada Selasa (27/2)