Brilio.net - Di era digital saat ini, banyak anak muda yang mencoba peruntungan dengan menggelutui bisnis rintisan (startup). Ada yang sukses, tapi nggak sedikit juga yang gagal. Fakta ini memperlihatkan bagaimana kaum muda saat ini lebih memilih berjibaku membuat perusahaan sendiri ketimbang menjadi pegawai. 

Tentu saja, kiprah entrepreneur mereka patut diapresiasi. Banyak alasan mengapa mereka lebih memilih startup. Selain untuk mengasah kemampuan entrepreneur, mereka juga melihat potensi perkembangan startup yang cukup menjanjikan.

Apalagi saat ini banyak perusahaan besar di dunia yang bersedia menjadi “bapak asuh” melalui program ventura capital. Salah satunya, perusahaan e-commerce raksasa asal China, Alibaba. Nah dalam pertemuan tahunan yang digelar 8 Juni 2021 lalu, Alibaba Cloud mengumumkan inisiatif barunya, yaitu, Project AsiaForward. Program ini bertujuan membawa transformasi digital ke perusahaan lokal di Asia dan menumbuhkan bakat- bakat baru di dunia teknologi.

Dalam tiga tahun ke depan, Alibaba Cloud berencana menginvestasikan USD 1 miliar di Hong Kong, Taiwan, dan enam pasar di Asia Tenggara yakni Indonesia, Singapura, Malaysia, Vietnam, Thailand, Filipina.

Alibaba X KrAsia © 2021 brilio.net

Sebagai bagian dari Project AsiaForward, Alibaba Cloud meluncurkan Global Startup Accelerator dengan KrASIA. Serangkaian Demo Day bakal diadakan selama beberapa bulan ke depan. Lewat program ini, perusahaan rintisan teknologi di delapan negara tersebut berkesempatan menjadi bagian dari ekosistem global Alibaba Cloud.

Sebagai informasi, program Alibaba Cloud x KrASIA Global Startup Accelerator ini menyatukan teknolog baru, pemodal ventura, dan pelaku ekosistem lain di seluruh Asia untuk mengidentifikasi startup yang kompatibel dengan ekosistem Alibaba.

Proses pemilihan akselerator melibatkan serangkaian Demo Day di mana para startup yang terpilih dapat mempresentasikan rencana bisnisnya. Khusus untuk startup yang berbasis di Indonesia, beroperasi di Indonesia, atau berencana masuk ke Indonesia, sekarang pendaftaran untuk Demo Day perdana yang akan diadakan pada 7 Oktober 2021, telah dibuka sejak 21 September 2021.

Lantas apa sih kleuntungan mengikuti program ini. Jadi startup yang mengikuti Indonesia Demo Day berkesempatan memenangkan hadiah sebesar USD 60.000 dalam bentuk kredit Alibaba Cloud. Selain itu juga akan mendapatkan dukungan teknis 1-on-1 untuk persiapan dan migrasi. Yang tak kalah penting, adalah koneksi ke VC terkemuka di Asia Tenggara dan Cina.

Keuntungan lainnya berpeluang untuk bekerja dengan perusahaan Fortune 500 di ekosistem Alibaba. Semua startup yang menyelesaikan proses pendaftaran juga akan menerima USD 3.000 dalam bentuk kredit Alibaba Cloud yang akan diserahkan setelah 7 Oktober 2021.

Proses seleksi dimulai setelah partisipan menyelesaikan proses pendaftaran. Tim juri yang terlibat adalah perwakilan dari Alibaba Cloud, pemodal ventura, dan pakar penelitian dari 36Kr Global. Nah buat kamu yang tertarik mengikuti program ini, mesti menyiapkan sejumlahg persyaratan saat mendaftar seperti  nama startup, kontak narahubung dengan menyantumkan nama lengkap, nomor ponsel, alamat email bisnis. Berminat?