Brilio.net - Saat bayi sudah menginjak usia 6 bulan, orangtua dianjurkan untuk memberikan makanan pendamping ASI (MPASI) untuk bayi. Meski sudah diperbolehkan untuk makan, bukan berarti orangtua asal memberikan makanan apa saja untuk si bayi. Makanan yang diberikan sebaiknya terdiri dari karbohidrat, protein nabati, protein hewani, serat berupa sayuran dan sedikit lemak tambahan. Salah satu sayur yang baik dikonsumsi oleh bayi yakni brokoli.

Brokoli adalah jenis sayuran hijau yang sangat bergizi dan sangat baik untuk dikonsumsi oleh bayi. Brokoli mengandung banyak nutrisi penting seperti vitamin C, serat, kalsium, dan vitamin K yang sangat bermanfaat untuk kesehatan dan pertumbuhan bayi.

Menurut data United State Department of Agricultural / USDA brokoli mengandung protein, karbohidrat, serat, kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, natrium, mangan, vitamin A, vitamin B, vitamin C, dan vitamin K.

Brokoli merupakan makanan rendah kalori, tanpa kolesterol. Brokoli mengandung sulforaphane yang bersifat antioksidan sebagai penangkal radikal bebas. Brokoli mengandung karotenoid (lutein dan zeaxanthin) bermanfaat untuk kesehatan anak.

Selain itu, brokoli juga mengandung senyawa-senyawa yang bermanfaat bagi kesehatan, seperti sulforaphane, yang dapat membantu melindungi tubuh dari berbagai macam penyakit. Konsumsi brokoli juga dikaitkan dengan berbagai manfaat kesehatan, termasuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menjaga kesehatan jantung, mencegah kanker dan lain sebagainya.

Berikut 9 manfaat brokoli untuk bayi, dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Sabtu (25/2).

 

Manfaat brokoli untuk bayi.

Manfaat brokoli untuk bayi © 2023 brilio.net

foto: pixabay.com

1. Sumber vitamin C.

Brokoli kaya akan vitamin C yang membantu menjaga kesehatan tubuh bayi, mengurangi risiko infeksi, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin C juga membantu penyerapan zat besi dari makanan, yang sangat penting untuk kesehatan bayi.

2. Sumber serat.

Serat pada brokoli membantu meningkatkan pencernaan bayi dan memperbaiki kesehatan usus. Serat juga membantu mempertahankan keseimbangan bakteri baik dalam sistem pencernaan bayi, yang membantu menjaga sistem kekebalan tubuh bayi tetap sehat.

3. Sumber kalsium.

Brokoli mengandung kalsium yang penting untuk pertumbuhan tulang dan gigi bayi. Kalsium juga penting untuk membantu mengatur detak jantung dan fungsi saraf bayi.

4. Sumber vitamin K.

Brokoli adalah sumber vitamin K yang baik untuk kesehatan tulang bayi. Vitamin K membantu mempertahankan kepadatan tulang dan mencegah kerapuhan tulang pada bayi.