Brilio.net - Pemilu (pemilihan umum) merupakan salah satu pilar demokrasi yang memberikan hak kepada rakyat untuk memilih pemimpin dan wakilnya. Pemilu menjadi kesempatan bagi rakyat untuk menentukan arah serta nasib bangsa dalam 5 tahun kedepan. Namun, tidak semua orang memiliki semangat dan antusiasme untuk berpartisipasi dalam pemilu.

Ada yang merasa apatis, skeptis, atau bahkan golput. Ya, bagaimana tidak? Janji-janji politik selalu diserukan jelang pemilu tetapi realisasinya nihil, akhirnya masyarakat tidak percaya lagi dengan omongan para politikus. Tak heran jika sebagian orang memilih untuk golput. Golput yaitu perilaku tidak menggunakan hak pilihnya dalam pemilu, baik dengan sengaja maupun tidak.

Golput bisa disebabkan oleh berbagai faktor, seperti ketidakpuasan terhadap calon, ketidaktahuan tentang proses pemilu, atau ketidakpercayaan terhadap sistem politik. Perlu dicatat, ketika kamu memilih untuk golput bisa berdampak negatif bagi demokrasi, sebab dapat mengurangi legitimasi dan representasi hasil pemilu. Oleh karena itu, kamu perlu membangkitkan motivasi diri maupun orang lain untuk menyambut pemilu dengan penuh tanggung jawab dan optimisme.

Perlu disadari bahwa suaramu dalam pemilu sangat penting untuk menentukan para pemimpin masa depan. Bagaimana Indonesia dalam 5 tahun kedepan tergantung suara yang kamu tentukan di Pemilu dalam waktu dekat ini. Nah, untuk membakar semangat sebagai partisipan dalam Pemilu, berikut 85 kalimat motivasi untuk menyambut Pemilu.

Dijamin anti-golput dan menjadi sumber inspirasi agar antusias menyambut Pemilu 2024, dilansir brilio.net dari berbagai sumber pada Selasa (30/1).