1. Contoh kalimat permintaan maaf bahasa Jawa saat menjelang Lebaran.

"Ngaturaken sembah pangabekti kawula. Sepinten kalepaten kula ingkang mboten angsal idining sarak, dalem nyuwun pangapunten. Mugi mugi sedoyonipun di lineburo ing dinten riyaya punika."

Terjemahan: "Mengungkapkan sembah baktiku. Dengan banyaknya salahku yang tidak dilakukan secara sengaja, aku minta maaf. Semoga kita semua bisa dileburkan menjelang hari raya ini."

2. Contoh kalimat permintaan maaf bahasa Jawa kepada Tuhan.

"Ya Allah ampuni sedoyo kalepaten ingkang dalem lakoni sakbendinane, disengojo kalian mboten disengojo. Saget Allah ampuni kanthi jembare segoro. Mugio Allah mbukakaken pintu suargo kagem sedoyonipun. Aamiin."

Terjemahan: "Ya Allah ampunilah kesalahan kami semua yang telah kami lakukan setiap hari, baik itu disengaja ataupun tidak disengaja. Semoga Allah memberikan pengampunan seluas lautan. Semoga Allah membuka pintu surga kepada kita semua. Aamiin."

3. Contoh kalimat permintaan maaf bahasa Jawa saat hari raya.

"Mboten namung ngaturaken sugeng riyadi, sedoyo lepat nyuwun agunging pangapunten menawi wonten susar susur atur ingkang sengojo lan mboten disengojo, lan berkah pandonganipun ingkang sanget kawulo suwun."

Terjemahan: "Tidak hanya mengucapkan selamat hari raya, memohon ampun maaf atas segala khilaf salah selama ini baik yang disengaja maupun tidak disengaja, dan memohon berkah juga doa agar panjang umur dan lancar segala urusan juga rezeki."

4. Contoh kalimat permintaan maaf bahasa Jawa kepada orang tua.

"Sak derenge nyuwun ngapunten nggeh bu, pak, menawi kawulo mboten leres tumrapipun panjenengan sekalian."

Terjemahan: "Sebelumnya saya minta maaf ya bu, pak, kalau selama ini saya tidak nurut atas perintah kalian berdua."

5. Contoh kalimat permintaan maaf bahasa Jawa dari anak kepada orang tua.

"Kulo meniko dados anak gadah katah sanget kalepatanipun dumantheng tiyang sepah, mongko kulo ngaturaken agunging pangapunten datheng klinta-klintunipun kulo sedoyo.

Terjemahan: "Saya sebagai anak banyak sekali melakukan kesalahan terhadap orang tua. Maka dari itu saya minta maaf sebesar-besarnya terhadap segala kesalahan saya, semuanya."

6. Contoh kalimat permintaan maaf bahasa Jawa saat Lebaran kepada saudara.

"Kepareng matur dhumateng (bapak/ibu/simbah/bulek), sowan kula wonten ing mriki, sepindah silaturrahim, kaping kalih ngaturaken sugeng riyadi, ngaturaken sedaya lepat nyuwun pangapunten, kaping tiga nyuwun donga pangestunipun supados kula saged dados putra ingkang sholeh, migunani dhateng agami, nusa, bangsa, lan negeri, lancar anggenipun pados ilmu, gampil anggenipun pados rejeki ingkang halal lan thayyib, ugi sukses nglampahi gesang ing donya lan akhirat."

Terjemahan: "Perkenankan saya bertutur kepada (ayah/ibu/nenek/om/tante), maksud kedatangan saya ke sini, yang pertama silaturahim, yang kedua mengucapkan selamat idul fitri, mohon maaf atas segala salah dan khilaf, yang ketiga mohon doa restunya agar saya jadi anak yang shaleh, berguna untuk agama, nusa, bangsa, dan negara, lancar dalam menuntut ilmu, mudah dalam mencari rezeki yang halal dan thayyib, serta sukses dalam menjalani kehidupan di dunia dan akhirat".

7. Contoh kalimat permintaan maaf bahasa Jawa kepada siapa saja.

"Dalem salah wonten masalah puniko, saklajenge nyuwun pangapunten ingkang katah dumateng panjenengan sing dalem gawenen nesu lan murko."

Terjemahan: "Aku salah tentang masalah ini, jadi aku minta maaf padamu sebanyak-banyaknya karena sudah membuat marah dan murka."

Itulah tujuh contoh kalimat permintaan maaf bahasa Jawa serta terjemahan yang mudah dipelajari. Semoga bermanfaat.