Brilio.net - Bagi sebagian orang, istilah kata pronomina masih asing terdengar di telinga. Meski begitu, tanpa disadari kata pronomina sering digunakan seseorang untuk berkomunikasi dalam bahasa Indonesia. Pronomina adalah salah satu jenis kata dalam bahasa Indonesia yang digunakan untuk menggantikan atau menyatakan orang, benda, atau hal lain dalam kalimat. Pronomina biasanya digunakan sebagai pengganti kata benda atau kata ganti dalam suatu kalimat, sehingga kalimat menjadi lebih ringkas dan mudah dipahami.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pronomina adalah kata yang digunakan sebagai pengganti orang, benda, atau hal lain dalam kalimat. Pronomina dapat berupa kata ganti orang, kata ganti benda, atau kata ganti penunjuk, seperti "saya", "dia", "mereka", "ini", "itu", dan sebagainya. Pronomina juga dapat berupa kata tanya seperti "apa", "siapa", "mana", "kapan", dan sebagainya, yang digunakan untuk menanyakan sesuatu dalam kalimat. Pronomina digunakan untuk membuat kalimat lebih ringkas dan mudah dipahami.

Dalam penggunaannya, kata pronomina sangat penting untuk membantu memperjelas makna kalimat dan menghindari pengulangan kata yang sama. Oleh karena itu, penting bagimu untuk memahami jenis-jenis kata pronomina dan fungsi serta cara penggunaannya dalam kalimat.

Agar lebih memahami tentang kata pronomina, yuk simak 55 contoh kata pronomina, ciri-ciri dan jenisnya yang telah dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Kamis (23/2)