5. Kata penghubung tujuan berfungsi untuk menjelaskan suatu tujuan atau menjelaskan tujuan dari suatu kejadian.

6. Kata penghubung sebab berfungsi untuk menjelaskan suatu kejadian yang terjadi karena sebab tertentu.

7. Kata penghubung akibat adalah kata hubung untuk menjelaskan kejadian yang disebabkan oleh suatu hal. Sehingga, kalimat yang dihubungkan oleh kata hubung ini adalah sebuah akibat atau dampak.

8. Kata penghubung urutan adalah kata untuk menjelaskan suatu urutan dari klausa ke klausa lain atau antar kalimat atau paragraf.

9. Kata penghubung syarat adalah kata yang menjelaskan bahwa suatu kejadian bisa terjadi ketika sejumlah syarat tertentu terpenuhi.

10. Kata penghubung tak bersyarat adalah kata yang digunakan untuk menghubungkan antar klausa, kalimat, maupun paragraf yang menyatakan suatu hal bisa terjadi tanpa perlu ada syarat yang harus dipenuhi.

11. Kata penghubung perbandingan berfungsi untuk membandingkan dan menghubungkan dua klausa, kalimat, maupun paragraf.

12. Kata penghubung pembenaran digunakan untuk menghubungkan klausa, kalimat maupun paragraf dengan membenarkan satu hal dan menolak hal lainnya. Sehingga ketika ada salah satu kalimat atau paragraf yang dibenarkan dan disalahkan maka akan memakai kata sambung ini seperti biar atau biarpun.

13. Kata penghubung korelatif berfungsi menjelaskan bahwa dua kalimat masih saling berhubungan, sehingga antara satu kalimat dengan kalimat lain saling memberikan pengaruh.

14. Kata penghubung ini fungsinya untuk menghubungkan dua klausa, kalimat, dan paragraf guna menjelaskan salah satunya.

15. Kata penghubung pembatas adalah kata yang tidak hanya menghubungkan namun juga berfungsi sebagai batasan terhadap suatu kejadian.

- Contoh kata penghubung.

kata penghubung dalam bahasa Indonesia © 2023 brilio.net

foto: freepik.com