Brilio.net - Dalam teori bahasa Indonesia, ada sebuah jenis kata yang punya nama kata konjungsi kausalitas. Kata kausalitas atau konjungsi kausalitas sangat penting dalam alur pemikiran dan ide yang disampaikan seorang penulis atau pembicara publik. Penggunaan konjungsi kausalitas memungkinkan penulis atau pembicara untuk merangkai hubungan sebab-akibat secara logis, sehingga memperjelas dan memperkuat pesan yang ingin disampaikan.

Dengan menggunakan konjungsi kausalitas, ide atau pernyataan yang diungkapkan menjadi lebih terstruktur dan mudah dipahami oleh audiens. Contoh kata kausalitas dapat ditemukan dalam penggunaan konjungsi seperti "karena," "sehingga," atau "oleh karena itu." Misalnya, seorang pembicara publik yang ingin menjelaskan dampak perubahan iklim dapat menggunakan konjungsi kausalitas dengan mengatakan kalimat sebagai berikut:

“Peningkatan suhu global, karena aktivitas manusia yang intensif dalam menggunakan bahan bakar fosil, berkontribusi pada perubahan iklim yang signifikan."

Dengan menggunakan konjungsi kausalitas, pembicara secara jelas menghubungkan penyebab (aktivitas manusia) dengan akibat (perubahan iklim). Dalam alur pemikiran sebuah tulisan atau pidato, konjungsi kausalitas berperan sebagai penghubung yang memandu audiens dari satu ide atau peristiwa ke ide atau peristiwa berikutnya.

Nah, agar lebih jauh memahami tentang kata kausalitas, kamu bisa menyimak artikel ini sampai habis. Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Rabu (6/12), berikut 50 contoh kata kausalitas, lengkap dengan pengertian dan penggunaannya dalam kalimat.

Pengertian kata kausalitas.

Contoh kata kausalitas freepik.com

foto:freepik.com

Kata kausalitas atau yang sering disebut konjungsi kausalitas adalah bagian dari bahasa dan tata bahasa yang digunakan untuk menyatakan hubungan sebab-akibat antara dua klausa atau kalimat. Konjungsi ini berfungsi untuk menghubungkan ide atau peristiwa yang memiliki hubungan sebab-akibat dalam suatu kalimat, sehingga mempermudah pemahaman dan penyampaian informasi.

Ciri kata kausalitas.

Ciri utama konjungsi kausalitas adalah kemampuannya untuk menyatakan hubungan sebab-akibat. Konjungsi ini memberikan petunjuk mengenai alasan atau penyebab di balik suatu peristiwa atau keadaan dalam kalimat. Selain itu, konjungsi kausalitas juga seringkali merinci sebab dan akibat secara lebih rinci, membentuk hubungan logis antara dua elemen dalam kalimat.