Brilio.net - Pada era saat ini sudah banyak orang membuka usaha atau bisnis pastinya memerlukan dana untuk memperlancar aktivitas usaha. Karena itu dalam sebuah usaha yang dijalankan, perlu untuk memahami tentang manajemen keuangan. Karena jika menjalankan pengelolaan keuangan tidak benar, maka akan berdampak pada usaha yang dijalankan secara menyeluruh.

Manajemen keuangan juga salah satu materi yang ada di mata pelajaran atau mata kuliah Akuntansi. Manajemen keuangan menjadi ilmu dasar yang wajib dikuasai anak Akuntansi.

Definisi manajemen keuangan.

Manajemen keuangan merupakan sebuah kegiatan yang berhubungan dengan perencanaan dan pengelolaan terhadap kegiatan keuangan ataupun aset keuangan yang dimiliki. Manajemen keuangan adalah hal yang sangat penting untuk dapat diterapkan oleh perusahaan, individu, maupun organisasi.

Pengelolaan keuangan merupakan proses perencanaan, pengorganisasian, pengendalian dan pemantauan sumber daya keuangan untuk mencapai tujuan dan target. Manajemen ini merupakan cara yang ideal dan efektif untuk mengendalikan aktivitas keuangan.

Penggunaan dan manajemen keuangan menjadi salah satu contohnya, penggunaan dana meliputi pembayaran, risiko, dan segala hal lain yang berkaitan dengan uang. Segala aktivitas harus dilakukan dengan saksama, teliti dan hati-hati, hal ini difungsikan untuk mengurangi resiko yang mungkin terjadi.

Contoh soal manajemen keuangan berbagai sumber

foto: pixabay.com

Fungsi manajemen keuangan.

Adapun fungsi manajemen keuangan, sebagai berikut:

1. Untuk memperkirakan kecukupan modal
2. Untuk menilai komposisi modal
3. Untuk mengelola arus kas
4. Mengontrol keuangan

Prinsip manajemen keuangan.

Selain memiliki fungsi, manajemen keuangan juga memiliki prinsip yaitu:

1. Akuntabilitas
2. Konsistensi
3. Kelangsungan Hidup
4. Transparansi
5. Standar Akuntansi
6. Integritas
7. Pengelolaan

Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut ulasan terkait contoh soal manajemen keuangan yang dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Rabu (12/10).

 


Magang: Annisa Dhea