-Ciri-ciri kalimat simple past tense positif

foto: pexels.com

1. Menggunakan kata kerja dalam bentuk lampau (past) atau menggunakan bentuk tambahan "-ed" untuk kata kerja reguler atau bentuk tak beraturan yang berubah secara unik.

Contoh: played (bermain), walked (berjalan), went (pergi), ate (makan), had (memiliki/melakukan)

2. Menunjukkan bahwa tindakan atau kejadian sudah berlalu dan terjadi di masa lampau.

Contoh: I played soccer yesterday. (Saya bermain sepak bola kemarin)

3. Tidak menggunakan kata bantu (auxiliary verb) seperti "did" atau "was" dalam bentuk positif.

Contoh: She studied English for three hours last night. (Dia belajar bahasa Inggris selama tiga jam semalam)

4. Terdapat variasi pada bentuk kata kerja tak beraturan. Beberapa kata kerja tak beraturan memiliki bentuk yang sama dengan bentuk dasar kata kerja, seperti "cut-cuts", sedangkan beberapa kata kerja tak beraturan berubah secara unik, seperti "go-went" atau "eat-ate".

Contoh: I cut the vegetables for the salad. (Saya memotong sayuran untuk salad)

5. Dapat digunakan dengan kata keterangan waktu tertentu untuk menunjukkan waktu terjadinya tindakan atau kejadian.

Contoh: They watched a movie last night. (Mereka menonton film semalam)

6. Biasanya digunakan untuk tindakan atau kejadian yang terjadi sekali atau terjadi dalam waktu yang singkat.

Contoh: I met my friend at the mall yesterday. (Saya bertemu teman saya di mal kemarin)

-Contoh kalimat simple past tense positif dan artinya.

foto: Pexels.com

1. I walked to the store yesterday. (Saya berjalan ke toko kemarin)

2. She watched a movie last night. (Dia menonton film semalam)

3. They ate dinner at the restaurant last weekend. (Mereka makan malam di restoran akhir pekan lalu)

4. He played soccer with his friends on Saturday. (Dia bermain sepak bola dengan teman-temannya pada hari Sabtu)

5. We studied for the exam all night. (Kami belajar untuk ujian sepanjang malam)

6. My parents visited me last month. (Orang tua saya mengunjungi saya bulan lalu)

7. She listened to music while doing her homework. (Dia mendengarkan musik saat mengerjakan tugas)

8. I saw my old friend at the park yesterday. (Saya bertemu teman lama saya di taman kemarin)

9. He finished his project before the deadline. (Dia menyelesaikan proyeknya sebelum batas waktu)

10. We went to the beach last summer. (Kami pergi ke pantai musim panas lalu)

11. She danced at the party last night. (Dia menari di pesta semalam)

12. They played board games with their family on the weekend. (Mereka bermain game papan dengan keluarganya di akhir pekan)

13. He drove his car to work yesterday. (Dia mengemudikan mobilnya ke tempat kerja kemarin)

14. She cooked dinner for her family last night. (Dia memasak makan malam untuk keluarganya semalam)

15. We visited our grandparents last holiday. (Kami mengunjungi kakek nenek kami liburan lalu)

16. I wrote a letter to my friend last week. (Saya menulis surat untuk teman saya minggu lalu)

17. They slept early last night. (Mereka tidur lebih awal semalam)

18. He bought a new phone last month. (Dia membeli telepon baru bulan lalu)

19. We celebrated our friend's birthday last week. (Kami merayakan ulang tahun teman kami minggu lalu)

20. She took a shower after gym. (Dia mandi setelah olahraga)

21. He visited his hometown last year. (Dia mengunjungi kampung halamannya tahun lalu)

22. They finished their homework before dinner. (Mereka menyelesaikan tugas mereka sebelum makan malam)

23. We walked in the park last weekend. (Kami berjalan-jalan di taman akhir pekan lalu)

24. She drank a cup of coffee in the morning. (Dia minum secangkir kopi di pagi hari)

25. He played guitar at the concert last night. (Dia memainkan gitar di konser semalam)

26. They went to the museum last week. (Mereka pergi ke museum minggu lalu)

27. We watched the sunset at the beach. (Kami menyaksikan matahari terbenam di pantai)

28. I cleaned my room yesterday. (Saya membersihkan kamar saya kemarin)

29. She read a book before going to bed. (Dia membaca buku sebelum tidur)

30. He visited his friend in another city last month. (Dia mengunjungi temannya di kota lain bulan lalu)

31. They ate sushi for lunch yesterday. (Mereka makan sushi untuk makan siang kemarin)

32. We went shopping at the mall last weekend. (Kami pergi berbelanja di pusat perbelanjaan akhir pekan lalu)

33. She taught a dance class last night. (Dia mengajar kelas tari semalam)

34. He watched a basketball game on TV last night. (Dia menonton pertandingan bola basket di TV semalam)

35. They went hiking in the mountains last summer. (Mereka pergi hiking di pegunungan musim panas lalu)

36. We played cards with our friends last weekend. (Kami bermain kartu dengan teman-teman kami akhir pekan lalu)

37. She sang a song at the karaoke last night. (Dia menyanyikan lagu di karaoke semalam)

38. He visited his sister in another country last year. (Dia mengunjungi adiknya di negara lain tahun lalu)

39. They went to the zoo last month. (Mereka pergi ke kebun binatang bulan lalu)

40. We went to a concert last week. (Kami pergi ke konser minggu lalu)

41. She played tennis with her friends yesterday. (Dia bermain tenis dengan teman-temannya kemarin)

42. He ran a marathon last month. (Dia berlari maraton bulan lalu)

43. They watched a movie at home last night. (Mereka menonton film di rumah semalam)

44. We visited a new restaurant last weekend. (Kami mengunjungi restoran baru akhir pekan lalu)

45. She took a yoga class last night. (Dia mengikuti kelas yoga semalam)