Jenis-jenis kata lugas.

Contoh kata lugas © 2023 brilio.net

foto: pixabay.com

1. Kata Verba.

Kata verba adalah jenis kata kerja yang digunakan untuk menyampaikan suatu pesan secara langsung. Contoh kata verba yang lugas adalah "Kerjakan tugas dengan baik" dan "Belajar dengan tekun agar berhasil".

2. Kata Adjektiva.

Kata adjektiva adalah jenis kata sifat yang digunakan untuk menggambarkan suatu hal secara langsung. Contoh kata adjektiva yang lugas adalah "Pekerjaan itu sulit" dan "Ia sangat pintar".

3. Kata Nomina.

Kata nomina adalah jenis kata benda yang digunakan untuk menyebutkan objek secara langsung. Contoh kata nomina yang lugas adalah "Buku ini sangat bagus" dan "Sepeda itu mahal".

4. Kata Adverbia.

Kata adverbia adalah jenis kata keterangan yang digunakan untuk menjelaskan suatu keadaan atau situasi secara langsung. Contoh kata adverbia yang lugas adalah "Dia berbicara dengan jujur" dan "Kami bekerja keras untuk mencapai tujuan".

5. Kata Preposisi.

Kata preposisi adalah jenis kata depan yang digunakan untuk menunjukkan hubungan antara kata-kata dalam suatu kalimat secara langsung. Contoh kata preposisi yang lugas adalah "Dia datang dari luar negeri" dan "Buku ini milikku".