Brilio.net - Ketika berkomunikasi, seseorang seringkali menggunakan kata-kata yang disingkat namun memiliki sebuah arti atau kepanjangan kata. Kata tersebutlah yang bisa disebut dengan akronim. Akronim adalah suatu singkatan yang membentuk sebuah kata baru dari beberapa huruf pertama dari kata-kata dalam suatu frasa atau kalimat.

Akronim biasanya ditemukan dalam bahasa teknis atau bahasa ilmiah, dan digunakan untuk mempermudah penulisan dan pengucapan. Contohnya, NASA dari National Aeronautics and Space Administration, atau NATO dari North Atlantic Treaty Organization. Akronim biasanya ditulis dengan huruf besar dan dapat dibaca sebagai sebuah kata tunggal.

Akronim dapat digunakan dalam sebuah instansi pemerintahan maupun swasta bahkan dalam keseharian. Pemanfaatan akronim dipilih masyarakat karena lebih mudah diucapkan serta lebih efektif jika dalam berkomunikasi baik secara lisan maupun tulisan.

Bahasa yang sudah mengalami pemendekan kata akan menghasilkan suatu bentuk bahasa baru. Sama halnya dengan akronim yang dihasilkan berdasarkan dari proses terjadinya pemendekan atau singkatan kata. Hal ini tentunya saat membentuk pemendekan kata tidak secara asal, karena harus memperhatikan kaidah fonotaktik bahasa yang bersangkutan.

Agar kamu lebih mengetahui tentang kata akronim, yuk simak 35 contoh kata akronim, lengkap dengan penjelasan dan ciri-ciri yang mudah dipahami, dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Rabu (1/2).