Jenis-jenis kata sinonim.

 contoh dan penjelasan kata sinonim © 2023 brilio.net



foto: pixabay.com

1. Sinonim eksak: kata sinonim yang memiliki makna yang sama persis dan tidak memiliki perbedaan makna apapun. Contoh: "besar" dan "luas".

2. Sinonim parsial: kata sinonim yang memiliki makna yang hampir sama, tetapi memiliki perbedaan sedikit. Contoh: "panjang" dan "tinggi".

3. Sinonim perluasan: kata sinonim yang memiliki makna lebih luas dari kata lain. Contoh: "membantu" dan "melayani".

4. Sinonim konotasi: kata sinonim yang memiliki makna yang sama, tetapi memiliki konotasi yang berbeda. Contoh: "kasar" dan "brutal".

5. Sinonim kontekstual: kata sinonim yang memiliki makna yang sama, tetapi hanya cocok digunakan dalam situasi atau konteks tertentu. Contoh: "mandi" dan "bersihkan diri".

6. Sinonim semirip: kata yang bisa saling bertukar posisi dalam sebuah konteks kebahasaan. Pertukaran ini dilakukan tanpa mengubah makna dalam sebuah lesikal dan struktural. Terutama dalam rangkaian kalimat, kata, klausa, frasa terhadap kalimat yang dibuat.

7. Sinonim mutlak: kata yang bisa saling bertukar posisi atau tempat dalam sebuah konteks kebahasaan apapun, tanpa mengubah lesikal dan struktural. Terutama dalam rangkaian kalimat, kata, klausa, frasa terhadap kalimat yang dibuat.

8. Sinonim selingkung: kata yang bisa saling bertukar posisi atau tempat dalam sebuah konteks kebahasaan tertentu, tanpa mengubah lesikal dan struktural.