Brilio.net - Hari Jumat di dalam agama Islam merupakan hari yang istimewa. Hari Jumat dijelaskan dalam banyak literatur Islam, salah satunya adalah Surah AL-Jumu'ah (62:9-10). Dalam surat tersebut, Allah SWT berfirman, "Hai orang-orang yang beriman, apabila diseru untuk menunaikan shalat pada hari Jumat, maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui”.

Salah satu keutamaan pertama dari hari Jumat adalah kewajiban menunaikan salat Jumat. Umat Islam dianjurkan untuk meninggalkan segala aktivitas jual beli dan bermunajat kepada Allah SWT dalam salat Jumat. Ibadah tersebut menjadi momen yang khusus di mana umat Muslim berkumpul untuk mendengarkan khutbah, memperbaharui iman, serta memperoleh rahmat dan ampunan dari Allah.

Dalam hadis, Rasulullah SAW bersabda, "Hendaklah kalian memperbanyak membaca surah Al-Kahfi pada hari Jumat, karena surah tersebut akan menjadi cahaya di antara dua Jumat." (HR. Muslim). Selain itu, amalan-amalan yang biasa dilakukan setiap hari bisa berdampak lebih besar ketika di hari Jumat seperti sedekah.

Ketika bersedekah di hari Jumat, maka pahala yang didapatkan lebih besar dibandingkan dengan hari-hari lainnya. Rasulullah SAW pernah menyampaikan anjuran khusus untuk bersedekah di hari Jumat. Bersedekah di hari Jumat juga bisa menghapus dosa, karena di setiap hari Jumat para Malaikat melaporkan segala amal perbuatan yang telah kita kerjakan.

Oleh karena itu, sedekah di hari Jumat dapat meringankan atau menghapus dosa yang pernah diperbuat. Keutamaan sedekah di hari Jumat juga bisa membantu orang yang membutuhkan. Kesempatan untuk mempererat tali silaturahmi juga memperbaiki diri lebih baik menjadi poin yang penting di hari Jumat penuh keberkahan.

Oleh karena itu, sangat dianjurkan bersedekah di hari Jumat karena memiliki keutamaan yang besar dan sayang untuk dilewatkan begitu saja. Ada banyak cara untuk menggerakkan hati agar ikhlas melakukan sedekah, salah satunya dengan membaca kumpulan quotes sedekah Jumat berkah. Selain mengandung kata-kata indah yang menyentuh, kumpulan quotes sedekah Jumat berkah ini juga bisa jadi pengingat untuk berbagi ke sesama.

Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Rabu (6/3), berikut 100 quotes sedekah Jumat berkah, bikin hati tergerak menolong.