Brilio.net - Akhir-akhir ini sering ditemui berbagai informasi seputar bencana alam yang melanda bangsa tercinta. Hal itu disebabkan karena adanya ketidakpedulian lingkungan yang masif, seperti halnya membuang sampah sembarangan, membangun gedung di lahan terbuka hijau, dan berbagai aksi kejahatan lingkungan lainnya.

Akibatnya alam tidak mampu lagi menahan lebih lama berbagai dampak yang dilakukan umat manusia terhadapnya, sehingga apa yang manusia perbuat kepada alam akan kembali kepada mereka sendiri hasilnya. Maraknya aksi kejahatan lingkungan disertai dengan berbagai faktor pendukung, namun yang perlu menjadi perhatian yakni karena tidak adanya kesadaran dalam diri masyarakat terhadap kepedulian lingkungan. Tempat terbaik untuk menumbuhkan rasa peduli kasih terhadap alam, yaitu sekolah.

Lalu apa contoh peduli lingkungan di sekolah yang mampu menanamkan budaya cinta alam dalam diri siswa?

Peduli lingkungan di sekitar sekolah dapat dengan mudah dilakukan, asalkan ada kemauan dari para guru dan siswa dalam menanganinya. Jika kedua pihak di sekolah tersebut memiliki tujuan yang sama, maka dapat dengan mudah diselenggarakan berbagai agenda cinta alam dan lingkungan.

Contohnya saja kegiatan bersih-bersih sekolah, kegiatan ini paling mudah dilakukan. Guru dan murid dapat menyisir seluruh area dan bekerjasama dalam mengambil sampah, menyiram tanaman, membersihkan ruang kelas, membersihkan selokan, dan masih banyak lagi. Jika kamu ingin tahu lebih banyak contoh peduli lingkungan di sekolah, kamu bisa melihat informasinya dibawah ini.

Berikut kami 10 contoh peduli lingkungan di sekolah, tanamkan budaya cinta alam dalam diri siswa. Seperti dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Rabu (27/3).