Brilio.net - Belakangan ini sering sekali dijumpai berbagai aksi kekerasan antar siswa atau guru di lingkungan Sekolah Menengah Atas. Ketidakkondusifan ini bisa disebabkan karena tidak adanya pemahaman tentang perlindungan hak-hak siswa dan penyuluhan kewajiban siswa selama di sekolah.

Para guru di Sekolah Menengah Atas memiliki peranan penting untuk menghadirkan lingkungan belajar yang kondusif dan menyenangkan. Cara yang bisa dilakukan adalah dengan memenuhi hak dan kewajiban siswa. 

Adapun hak-hak siswa yang perlu ditunaikan seperti halnya perlindungan siswa dari berbagai ancaman kekerasan, baik dari internal sekolah ataupun di luar sekolah. Hak tersebut berfungsi sebagai perlindungan yang diberikan sekolah demi menjamin keamanan, kenyamanan, dan ketentraman siswa melakukan berbagai aktivitas di sekolah. Selain itu, kewajiban siswa di sekolah juga berguna dalam melatih kedisipilan siswa menjaga dirinya dan menaati segala peraturan sekolah yang berlaku.

Berikut 10 contoh hak dan kewajiban siswa di Sekolah Menengah Atas yang sering diabaikan seperti dikumpulkan brilio.net dari berbagai sumber, Rabu (27/3).

10 Contoh hak siswa di Sekolah Menengah Atas yang sering diabaikan

hak dan kewajiban siswa di Sekolah Menengah Atas yang sering diabaikan © 2024 brilio.net

foto: unsplash.com

1. Hak atas pendidikan yang berkualitas

Siswa memiliki hak untuk mendapatkan pendidikan yang bermutu dan sesuai dengan standar yang ditetapkan, kualitas pendidikan setiap siswa harus disetarakan agar potensi seluruhnya dapat ditingkatkan dengan baik.

2. Hak untuk dilibatkan dalam proses pembelajaran

Siswa memiliki hak untuk aktif terlibat dalam pembelajaran dan berpartisipasi dalam kegiatan belajar di kelas dan di luar kelas, agar semuanya memiliki kesempatan yang setara.

3. Hak untuk mendapatkan perlakuan yang adil dan setara

Siswa memiliki hak untuk diperlakukan secara adil dan setara tanpa memandang latar belakang, gender, agama, atau karakteristik lainnya.

4. Hak untuk menyampaikan pendapat

Siswa memiliki hak untuk menyampaikan pendapat, gagasan, dan masukan dalam konteks pembelajaran dan kegiatan sekolah, selain itu sekolah juga harus menyediakan wadah kreatifitas dan aspirasi siswa.

5. Hak untuk mendapatkan perlindungan dari kekerasan dan pelecehan

Siswa memiliki hak untuk dilindungi dari segala bentuk kekerasan, pelecehan, atau intimidasi di lingkungan sekolah. Segala tindakan kekerasan dan kejahatan di lingkungan sekolah harus diberantas tuntas.

6. Hak untuk memperoleh informasi yang jelas dan akurat

Siswa memiliki hak untuk mendapatkan informasi yang jelas, akurat, dan transparan terkait dengan kebijakan, prosedur, dan program di sekolah.

7. Hak untuk privasi dan kerahasiaan

Siswa memiliki hak untuk menjaga privasi dan kerahasiaan pribadi mereka, termasuk data pribadi dan informasi lainnya.

8. Hak untuk mendapatkan bimbingan dan dukungan

Siswa memiliki hak untuk mendapatkan bimbingan dan dukungan dari guru, konselor, dan staf sekolah dalam menghadapi tantangan dan masalah yang mereka hadapi.

9. Hak untuk berpartisipasi dalam kegiatan ekstrakurikuler

Siswa memiliki hak untuk berpartisipasi dalam kegiatan ekstrakurikuler dan pengembangan diri di luar jam pelajaran.

10. Hak untuk memperoleh pelayanan kesehatan dan kesejahteraan

Siswa memiliki hak untuk memperoleh akses terhadap pelayanan kesehatan dan kesejahteraan yang memadai di lingkungan sekolah.