Brilio.net - Komunikasi dengan dosen saat masa perkuliahan menjadi salah satu hal yang selalu terjadi sebagai mahasiwa, apalagi ketika memasuki semester akhir. Entah itu untuk konsultasi, bimbingan, atau mengajukan protes karena nilai mata kuliah tertentu tidak keluar, padahal selalu mengikuti kelas dan mengejerjakan tugas yang diberikan.

Dalam dunia perkuliahan, menghubungi dosen dengan baik dan benar menjadi hal yang harus diperhatikan, karena sangat penting pengaruhnya terutama bagi kamu yang masih mahasiswa baru. Cara menghubungi dosen tidak sama halnya berkomunikasi dengan temanmu yang mungkin lebih tua. Kamu perlu memperhatikan beberapa hal, seperti tata cara menghubungi dosen untuk menciptakan lingkungan dan impresi baik bagi mahasiswa baru yang pertama kali ingin menghubungi dosen.

Agar kamu tidak kena semprot dan mendapat predikat buruk dari dosen yang berujung dipersulit ketika kuliah, kamu perlu memahami tata cara menghubungi dosen dengan baik agar kamu bisa mengajukan pertanyaan atau klarifikasi dengan cara yang terstruktur dan sopan. Dengan begitu, dosen bisa memberikan jawaban yang kamu butuhkan, karena etika sopan santun dengan dosen harus diprioritaskan.

Dengan memahami tata cara menghubungi dosen dengan baik, mahasiswa jadi mengerti bahwa dosen memiliki otoritas di lingkungan akademik terutama dalam hal berkomunikasi. Pentingnya berkomunikasi baik dengan dosen berfungsi untuk membuat ruang yang kondusif dan bisa saling bekerjasama. Sebagai mahasiswa, kamu akan selalu membutuhkan seorang dosen ketika menempuh bangku kuliah.

Kamu bisa memanfaatkan gawai untuk berkomunikasi bersama dengan dosen lewat pesan singkat untuk membuat janji, menanyakan sesuatu, atau mengajukan protes nilai. Meskipun dipermudah dengan teknologi saat ini, kamu tetap harus memperhatikan etika dan cara menghubungi dosen dengan baik agar terjadi keberlangsungan komunikasi yang kondusif dan efektif.

Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Rabu (21/2), berikut 10 cara menghubungi dosen dengan baik.