Brilio.net - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan ke kediaman Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto di Hambalang, Bogor, Jawa Barat. Dalam pertemuan yang berlangsung selama dua jam itu, Jokowi mengaku mendapat jamuan makan nasi goreng dan mencoba menunggang kuda.

"Ya kan kudanya besar sekali, saya kan ringan kudanya senyum-senyum, senang," kata Jokowi yang didampingi Prabowo saat memberikan keterangan pers dikutip brilio.net dari antara, Senin (31/10).

Meski terkesan santai dan penuh canda, pertemuan tersebut diakui Jokowi juga membahas sejumlah persoalan kebangsaan. Prabowo memberi Jokowi banyak masukan yang positif.

"Kami bicara banyak hal yang makro tentang bangsa dan kebangsaan kita, makro politik kita, beliau banyak sekali masukan dan pemerintah kita sangat menghargai apa yang disampaikan Pak Prabowo," lanjut Jokowi.

Lanjut Jokowi, kedatangannya ke kediaman Prabowo merupakan upayanya untuk menebus janji yang pernah disampaikan kepada mantan rivalnya dalam Pilpres 2014 itu. Dia membantah kedatangannya ke kediaman Prabowo terkait antisipasi demonstrasi pada 4 November 2016.

Pada kesempatan itu, Presiden justru mengimbau kepada seluruh masyarakat, termasuk para tokoh agama dan tokoh politik untuk turut serta mendinginkan suasana dan memberikan kesejukan.

"Saya kira kita di dalam sampai tertawa bareng, rivalitas ada pada saat Pilpres, itulah demokrasi. Setelah itu bersama-sama bahu-membahu membangun negara dari segala sisi," pungkasnya.