Brilio.net - Sidang sengketa Pilpres 2019 yang berlangsung kurang lebih sepekan akhirnya mencapai hasil. Mahkamah Konstitusi (MK) menolak seluruh gugatan hasil Pilpres 2019 yang diajukan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Putusan tersebut disepakati sembilan hakim konstitusi tanpa dissenting opinion atau perbedaan pendapat.

"Menolak permohonan pemohon untuk seluruhnya," ucap Ketua Majelis Hakim Konstitusi Anwar Usman di Gedung MK, Jakarta, Kamis (27/6) dilansir brilio.net dari liputan6.com.

Dengan ditetapkannya putusan MK tersebut, maka jelas sudah bahwa paslon nomor urut 01 Jokowi-Ma'ruf Amin melenggang ke kursi presiden dan wakil presiden. Rapat pleno terbuka penetapan presiden dan wakil presiden terpilih akan diselenggarakan pada Minggu (30/6). Ucapan selamat atas kemenangan Jokowi-Ma'ruf Amin pun membanjiri media sosial.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

Sebelum bertolak menuju Jepang untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi G20 di Osaka semalam, saya mendengar putusan Mahkamah Konstitusi terkait perselisihan hasil Pemilihan Umum 2019. Dengan demikian, proses pesta demokrasi yang telah berlangsung dalam beberapa bulan terakhir telah usai. Saya mengajak seluruh rakyat Indonesia untuk bersatu kembali bersama-sama membangun Indonesia, bersama-sama memajukan negara kita Indonesia, Tanah Air kita tercinta. Tidak ada lagi 01 dan 02, yang ada hanyalah persatuan Indonesia, rakyat Indonesia yang saling menghargai dan saling menghormati. Dan saya hendak memastikan bahwa presiden dan wakil presiden terpilih adalah presiden dan wakil presiden bagi seluruh rakyat Indonesia.

A post shared by Joko Widodo (@jokowi) on

 

Di tengah riuhnya suasana usai putusan MK, Jokowi akhirnya buka suara. Melalui akun Instagram @jokowi, ia memberikan imbauan kepada seluruh rakyat Indonesia.

"Sebelum bertolak menuju Jepang untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi G20 di Osaka semalam, saya mendengar putusan Mahkamah Konstitusi terkait perselisihan hasil Pemilihan Umum 2019. Dengan demikian, proses pesta demokrasi yang telah berlangsung dalam beberapa bulan terakhir telah usai.

Saya mengajak seluruh rakyat Indonesia untuk bersatu kembali bersama-sama membangun Indonesia, bersama-sama memajukan negara kita Indonesia, Tanah Air kita tercinta.

Tidak ada lagi 01 dan 02, yang ada hanyalah persatuan Indonesia, rakyat Indonesia yang saling menghargai dan saling menghormati.

Dan saya hendak memastikan bahwa presiden dan wakil presiden terpilih adalah presiden dan wakil presiden bagi seluruh rakyat Indonesia," tulis Jokowi di akun Instagram.

Pernyataan Jokowi ini pun mendapat beragam tanggapan dari warganet. Berikut komentar warganet dilansir Brilio.net dari berbagai sumber, Jumat (28/6).

"Selamat pak jokowi smg Indonesia tamabh maju adil dan makmur," komentar akun @anie_hera_madhadi.

"Selamat buat pakdhe jokowi.. Tetap semangat terus pak.. Alhamdulillah terpilih lagi.. Kami bangga dengan kinerja pakdhe jokowi..," tulis akun @kurniawanvanie.

"di puji tidak terbang. dihina tdk akan tumbang. selamat buat bpk jokowi, smg indonesia smakin menuju negara maju bukan lg negara berkembang. Tuhan memberkati setiap pekerjaan tangan bapak. Gbu," ujar akun @aureliaoliveee.