×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Ini hasil survei calon gubernur Jawa Barat, Deddy Mizwar terpopuler

0

BRILIO » Politik

Ini hasil survei calon gubernur Jawa Barat, Deddy Mizwar terpopuler

Lalu, siapa tokoh lain yang juga berpeluang.

03 / 02 / 2017

Brilio.net - Kiprah Deddy Mizwar di dunia politik tampaknya memang tak tanggung-tanggung dan tak asal-asalan. Wakil Gubernur Jawa Barat ini mencatatkan namanya sebagai calon gubernur Jawa Barat terpopuler.

Raihannya itu berdasarkan dari hasil survei Indo Riset Konsultan. Mereka melakukan survei untuk melihat tingkat akseptabilitas, popularitas, dan elektabilitas dari tokoh-tokoh kandidat gubernur dan wakil gubernur Jawa Barat 2018.

Dalam survei tersebut mereka menguji 16 nama, yakni Bima Arya, Deddy Mizwar, Dede Yusuf, Dedi Mulyadi, Desy Ratnasari, Haris Yuliana, Iwa Karniwa, Maman Imanul Haq, Mochammad Irawan, Netty Prasetyani Heryawan, Nurul Arifin, Puti Guntur Soekarno, Ridwan Kamil, Saan Mustopa, TB Hasanuddin, dan UU Ruzhanul Ulum. Hasilnya, tingkat popularitas Deddy Mizwar paling tinggi dibandingkan calon lainnya yakni mencapai 94 persen.

"Dari 16 nama yang diuji cuma ada empat nama yang memiliki tingkat popularitas di atas 70 persen yakni Deddy Mizwar (94 persen), Dede Yusuf (89,5 persen), Desy Ratnasari (86,6 persen), Ridwan Kamil (74,2 persen)," kata Direktur Program Indo Riset Konsultan, Bawono Kumoro dalam siaran persnya, seperti dikutip brilio.net dari Antara, Kamis (2/2).

"Sedangkan tingkat kedisukaan tertinggi dimiliki oleh Ridwan Kamil (92,2 persen), disusul Deddy Yusuf 86,5 persen dan Deddy Mizwar 86,3 persen dalam posisi tiga teratas," imbuhnya.

Survei yang dilakukan pada tanggal 19-25 Desember 2016 itu menggunakan metode wawancara tatap muka menggunakan kuesioner dengan mengambil 1.200 responden di 27 kabupaten/kota dengan margin of error +/- 2,83 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

"Penarikan sampel dilakukan secara acak menggunakan metode multistage random sampling. Penarikan sample mempertimbangkan jumlah sampel dengan jumlah pemilih di setiap kabupaten/kota dan memperhatikan karakter desa/kota," terangnya.

Menurut dia, berdasarkan hasil temuan survei Indo Riset ada tiga faktor utama dipertimbangkan warga Jawa Barat dalam memilih gubernur mendatang adalah merakyat/perhatian dan melayani masyarakat (21,3 persen), jujur/tidak korupsi (12,6 persen), dan berkinerja bagus (8,4 persen).

Dari survei tersebut juga diperoleh apa saja yang menjadi keinginan terbesar warga. Warga Jawa Barat menilai ada tiga program prioritas harus diutamakan gubernur mendatang, yaitu kesejahteraan rakyat (33,7 persen), lapangan pekerjaan (26,3 persen), dan pendidikan (20,9 persen).

Bawono mengatakan Pilkada Jawa Barat tahun depan akan menjadi arena pertarungan tiga kandidat kuat yaitu Ridwan Kamil, Deddy Mizwar dan Dede Yusuf.

"Dengan melihat tingkat elektabilitas para calon gubernur Jawa Barat berdasarkan hasil survei kami tersebut, pilkada Jawa Barat akan menjadi pertarungan tiga tokoh, Ridwan Kamil, Deddy Mizwar, dan Dede Yusuf. Saat survei dilakukukan Ridwan Kamil masih teratas dengan keterpilihan sebesar 37,5 persen, disusul Deddy Mizwar (29,17 persen), dan Dede Yusuf (15,25 persen)," pungkasnya.




Social media banner
Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    75%

  • Ngakak!

    25%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more