Brilio.net - Sebagai presiden sekaligus kepala negara, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) kerap melakukan pertemuan dengan pemimpin negara lain guna menjalin hubungan bilateral antarnegara. Selain untuk urusan kerja sama, pertemuan tersebut menjadi bukti kalau Indonesia sebagai negara berdaulat punya andil besar dalam menyelesaikan permasalahan dunia internasional.

Tak heran jika sepak terjang presiden Indonesia ketujuh itu sering mendapatkan sorotan dari berbagai kalangan. Ada yang mendukung, namun ada pula yang dengan pedas memberikan kritikan. Baru-baru ini beredar foto-foto Presiden Jokowi melakukan jabat tangan dengan beberapa pemimpin negara lain, di antaranya foto Jokowi bersama Mantan PM Australia Tony Abbott, Presiden Rusia Vladimir Putin, Presiden AS Barrack Obama, serta Perdana Menteri (PM) Singapura Lee Hsien Loong.

Salaman Jokowi © 2016 brilio.net

Secara sekilas memang tidak ada yang aneh dengan foto-foto tersebut. Namun dari empat foto tersebut, seorang netizen menilai cara berjabat tangan PM Singapura Lee Hsien Loong dianggap meremehkan Jokowi. "Salah satu pemimpin negara bersalaman dengan cara 'kurang sopan' bisa lihat perbedaannya?" tulis Harry Widjaja seperti dikutip dari akun sosialnya, Kamis (28/4).

BACA JUGA: Mobil RI 1 menepi, cowok ini beruntung selfie bareng Presiden Jokowi

Menanggapi penilaian Harry, seorang pakar gestur Handoko Gani mengungkapkan sebenarnya tidak ada yang salah dengan cara bersalaman Lee Hsien Loong dengan Jokowi. Menurutnya, memang terdapat perbedaan budaya dalam bersalaman antara orang Asia dengan Eropa atau Amerika.

"Budaya orang Asia beda dengan budaya Eropa, Amerika. Melayu, Asia dan Tiongkok juga berbeda. Gestur tidak memiliki validitas paling tinggi sebagai pendeteksi emosi. Apalagi, pendeteksi karakter," kata Handoko.

Ia menambahkan gestur tidak bisa digunakan untuk menilai seseorang, melainkan dari ekspresi wajah. Handoko justru meyakini bahwa ekspresi Lee Hsien Loong lebih tulus ketimbang pemimpin lainnya. "Silakan lihat ekspresi wajah para pemimpin itu. Lihat siapa yang justru senyumnya paling tulus, paling sumringah ?," imbuhnya.

Kalau menurutmu bagaimana, guys?