1. BRILIO.NET
  2. »
  3. Politik
Aliftya Amarilisya 10 Agustus 2018 23:05

5 Julukan nyeleneh ini dibikin politisi untuk menyerang lawannya

Julukan ini jadi bahan perbincangan publik.

Brilio.net - Beberapa waktu jelang pendaftaran capres dan cawapres untuk Pilpres 2019, suasana politik di Tanah Air memanas. Elite politik melakukan berbagai manuver yang membuat publik geleng-geleng kepala.

Kini drama-drama politik itu mulai mereda. Joko Widodo akhirnya menggandeng Ma'ruf Amin, sementara Prabowo memilih Sandiaga Uno sebagai cawapresnya.

Kilas balik, beberapa drama politik sebelum pengumuman cawapres sempat menarik perhatian. Ada berbagai julukan nyeleneh yang dibikin politisi untuk menyerang lawannya.

Julukan-julukan itu juga terkesan pedas, lho. Nah, berikut deretan julukan nyeleneh di dunia politik yang bikin ngelus dada dihimpun dari berbagai sumber, Jumat (10/8).

1. Ali Mochtar Ngabalin menyebut Amien Rais dengan 'mulut comberan'.

Tenaga Ahli Kedeputian IV KSP Ali Mochtar Ngabalin melontarkan pernyataan tendensius kepada Amien Rais. Dia menyebut omongan Amien seperti 'comberan'.

Ucapan soal 'comberan' itu terlontar saat Ngabalin meminta PAN tidak bergabung ke koalisi pendukung Jokowi di Pilpres 2019. Ngabalin mengungkit sosok Ketua Dewan Kehormatan PAN itu yang kerap mengkritik Jokowi.


2. Andi Arief menyebut Prabowo dengan 'Jenderal Kardus'.

Wasekjen Demokrat Andi Arief mengaku geram dengan sikap transaksional Prabowo Subianto. Ketua Umum Partai Gerindra itu disebutnya jenderal kardus lantaran langkahnya yang mencederai koalisi.


3. Arief Poyuono menyebut SBY dengan 'Jenderal Baper'.

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Arief Poyuono menilai pernyataan Wasekjen Demokrat Andi Arief yang menyebut Prabowo sebagai jenderal kardus sedang hilang kesadaran. Dirinya membalas dengan menyatakan SBY yang lebih layak disebut jenderal baper.


4. Arief Poyuono menyebut AHY dengan 'Anak Boncel'.

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Arief Poyuono menyebut AHY sebagai anak boncel. Hal itu lantaran AHY masih minim pengalaman. Bagi dia, dalam politik tak bisa ujug-ujug langsung mendapat tempat tinggi tanpa ditempa dengan pengalaman.


5. Sri Bintang menyebut Amien Rais dengan 'Pengkhianat Reformasi'.

Aktivis Sri Bintang Pamungkas menilai, Amien Rais sebagai pengkhianat reformasi. Pasalnya, politisi Partai Amanat Nasional (PAN) tersebut dinilai tidak konsisten dalam memperjuangakan reformasi.

(brl/fen)

YOU MAY ALSO LIKE

Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

Share This Article

To:

Cc:

Subject:

5 Julukan nyeleneh ini dibikin politisi untuk menyerang lawannya.
Julukan ini jadi bahan perbincangan publik.
https://www.brilio.net/politik/5-julukan-nyeleneh-ini-dibikin-politisi-untuk-menyerang-lawannya-180810s.html
SEND

WHAT DO YOU THINK

MORE STORIES


Show More Stories
TOP