Brilio.net - Setelah pencoblosan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang dilakukan pada 15 Februari lalu, ternyata ada beberapa TPS di DKI Jakarta yang dilakukan pemungutan suara ulang. Pemungutan suara ulang dilakukan di dua daerah di DKI Jakarta itu karena temuan Bawaslu ada pemilih yang menggunakan formulir C6 atas nama orang lain.

Di TPS 01 Utan Panjang, pelanggaran terjadi karena ada dua orang atas nama Fitria Apriliasiami dan Kicki Aulia Rachman yang mencoblos dengan memakai formulir C6 milik Inggit Indraswari dan Wagino. Sedangkan, Di TPS 29 Kalibata, ada pemilih yang menggunakan hak pilih sebanyak dua kali dengan menggunakan formulir C6 milik saudaranya.

Pemungutan suara ulang itu tak terlalu memengaruhi perolehan suara bagi masing-masing pasangan calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta. Berikut detail hasilnya seperti dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, Senin (20/2).

1. TPS 01 Utan Panjang, Kemayoran, Jakarta Pusat.

Pemungutan suara ulang dilakukan di TPS 01 Utan Panjang, Kemayoran, Jakarta Pusat pada Minggu (19/2). Pada pemungutan suara ulang, calon gubernur-calon wakil gubernur DKI Jakarta nomor urut tiga, Anies Baswedan - Sandiaga Uno, mengungguli Basuki Tjahaja Purnama - Djarot Saiful Hidayat. Padahal pada pemilihan yang dilakukan 15 Februari lalu, Ahok-Djarot unggul dari Anies-Sandiaga.

Anies Baswedan-Sandiaga, unggul dengan perolehan 134 suara, Agus -Sylvi dengan perolehan 15 suara dan pasangan Ahok - Djarot sebanyak 104 suara.

Berubahnya hasil itu terjadi karena berkurangnya partisipasi warga. Pada Pilkada 15 Februari, ada sebanyak 442 pemilih dari 601 DPT yang menggunakan hak pilihnya. Sementara pada pemilihan ulang, hanya 257 warga yang menggunakan hak pilihnya.

2. TPS 29 Kalibata, Jakarta Selatan.

Pemungutan suara ulang dilakukan di TPS 29 Kalibata Jakarta Selatan pada Minggu (19/2) lalu. Di TPS ini, Anies-Sandiaga menang telak dibandingkan dua pesaingnya. Pada pemilihan 15 Februari lalu, hasil di TPS ini adalah 354 suara untuk Anies - Sandi, 77 suara untuk Agus - Sylvi, dan 29 suara untuk Ahok - Djarot.

Sementara pada pemilihan ulang, suara Agus - Sylvi tergerus berpindah ke pasangan lain sehingga hasilnya 385 suara untuk Anies - Sandiaga, 19 suara untuk Ahok - Djarot, dan 7 suara untuk Agus - Sylvi.